BREAKING NEWS

Fokus Pasar Kamis: Kemelut di Washington, Rapat Kongres Mandek & Data Pekerjaan AS

Kamis, 7 Januari 2021 (13.30WIB)

Massa yang tidak patuh protokol kesehatan berkerumun memadati Capitol AS pada Rabu (06/01) setempat tatkala para anggota parlemen bertemu untuk mengonfirmasi pemungutan suara electoral college untuk Presiden terpilih AS Joe Biden.

Adegan kekacauan yang mengejutkan di ibu kota negara AS itu terungkap di televisi dan media sosial ketika anggota parlemen bergegas mencari perlindungan, menangguhkan penghitungan suara. Saham bergerak beragam setelah menyentuh rekor tertinggi baru pada hari sebelumnya.

Dow Jones Industrial Average kembali naik. Sebelumnya, pasar bereaksi positif terhadap prospek stimulus lanjutan di bawah pemerintahan Biden yang kemungkinan akan memiliki kendali atas kedua lembaga di Kongres AS.

Dua pemilihan umum di putaran kedua di Georgia akan memberi Demokrat jumlah kursi yang sama di Senat, dengan Wakil Presiden terpilih AS Kamala Harris akan menjadi pemecah kebuntuan. Itu membuka jalan bagi Biden dan Demokrat untuk mengejar agendanya tanpa takut dihalangi oleh Partai Republik.

Energi bersih, lebih banyak bantuan ekonomi untuk mendorong pemulihan, dan infrastruktur masuk dalam agenda itu. Saham-saham bank dan perusahaan energi melonjak di awal perdagangan.

Berikut beberapa hal yang dapat memengaruhi pasar Kamis:

  1. Kerusuhan mengarah pada ketidakpastian

Kerusuhan di Washington dapat membebani pergerakan saham-saham akibat ketidakpastian menyebabkan volatilitas. Para polisi bekerja keras untuk memaksa para perusuh keluar dari gedung Capitol Rabu sore setempat, dan Walikota D.C. menyerukan diberlakukannya jam malam mulai pukul 18.00 ET di kota itu.

Jika kekerasan terus meluas hingga memasuki hari baru, saham-saham bisa beranjak mundur dan aset seperti emas bisa naik lantaran investor bergegas ke tempat berlindung yang aman.

2. Konfirmasi hasil pemilu ditangguhkan

Kerusuhan tersebut mengganggu jalannya konfirmasi suara electoral college pemilihan untuk Biden, dan tidak ada kabar terbaru yang muncul ketika penghitungan dapat dimulai lagi. Para pemimpin Kongres AS harus meninggalkan ruang DPR AS ketika para perusuh menyerbu gedung.

6 Januari adalah hari yang dikhususkan bagi Kongres AS untuk melakukan tugas yang biasanya, agar pelantikan dapat dilanjutkan pada 20 Januari, yang hanya dua minggu dari sekarang.

3. Data pekerjaan

Data klaim pengangguran awal dan lanjutan, yang dirilis pada pukul 8:30 ET (1230 GMT) Kamis. Data gaji swasta pada bulan Desember turun 123.000, menurut ADP, bukti perlambatan ekonomi yang signifikan.

Analis PT. Prima Tangguharta Futures memperkirakan klaim awal pengangguran sebesar 800.000, yang akan naik dari minggu sebelumnya. Klaim lanjutan diperkirakan mencapai 5,2 juta.