DAILY OUTLOOK 13 JANUARY 2021

TINJAUAN FUNDAMENTAL

EUR/USD 13 Januari 2020: Naik Karena Pasar Mulai Stabil

EUR/USD naik dari kerendahan dan bertengger disekitar 1.2150 ditengah lebih tenangnya pasar. Imbal hasil AS tetap tinggi dengan the Fed sedang mempertimbangkan untuk mengurangi pembelian obligasi.

Pasangan matauang EUR/USD mengalami konsolidasi disekitar 1.2150 pada hari Selasa. Permintaan akan dolar AS mereda dengan membaiknya sentimen pasar meskipun sikap berhati –hati tetap ada.

Saham harus berjuang untuk bisa membukukan keuntungan yang besar, meskipun indeks saham AS dibuka mengarah naik. Sebaliknya, imbal hasil Treasury AS terus mengalami kenaikan ke ketinggian selama beberapa bulan ditengah harapan akan munculnya stimulus fiskal yang lebih banyak.

Kalender makro ekonomi tidak banyak. Uni Eropa tidak mempublikasikan data ekonomi yang relevan sementara Amerika Serikat hanya memberikan angka yang minor.

NFIB Business Optimism Index bulan Desember mengalami kontraksi dari 101.4 menjadi 95.9 meleset dari ekspektasi pasar. Perhatian pasar lebih terarah kepada para pejabat the Fed yang akan berbicara pada minggu ini.

GBP/USD 13 Januari 2020: Naik Karena Pernyataan Bailey & Optimisme Vaksin

GBP/USD memperpanjang kerugiannya bersamaan dengan imbal hasil Treasury AS terus mengalami kenaikan. Inggris kemungkinan akan memperketat restriksinya dengan rumah sakit – rumah sakit berada dalam tekanan yang besar dari arus banjir pasien corona sepanjang masa pandemi.

Bagi Sterling, kerugian 200 pips hanya dalam waktu kurang dari semalam tidak diragukan lagi merupakan permulaan yang lemah memulai tahun yang baru. Perkembangan belakangan ini memperlihatkan dua pukulan terhadap Sterling.

Pertama, dolar AS memperpanjang kenaikannya bersamaan dengan naiknya imbal hasil obligasi AS setelah Demokrat merebut kontrol atas Senat yang memungkinkan mereka untuk meloloskan paket stimulus baru yang besar.

Aksi jual obligasi yang menaikkan imbal hasil, mengalami perpanjangan  dengan Federal Reserve kelihatannya mentolerir kenaikan tingkat bunga jangka panjang yang dipandang sebagai tanda harapan akan pemulihan ekonomi global pada tahun ini nantinya.

Kedua, rumah sakit – rumah sakit di London berada dalam situasi yang membuat orang menjadi putus asa. Varian baru virus telah menyebabkan penyebaran virus yang lebih cepat.

Dukungan naik kemungkinan bisa datang dari pemerintah dimana Menteri Keuangan Rishi Sunak akan berbicara di Parlemen nantinya.

Harapan lain datang dari medan medis dengan pemerintah mempercepat pembagian vaksin.

USD/CHF

USD/JPY 13 Januari 2021: Tertekan Di Bawah 104.00 Karena Jepang Memperluas Keadaan Darurat

Dollar AS terlihat jatuh hingga ke bawah level 104.0 yen Jepang  yang diperdagangkan pada kisaran pertengahan level 103 yen pada Rabu ditengah berita bahwa PM Jepang Suga akan memperluas pembatasan skala luas ke lebih banyak prefektur di wilayah Jepang.

Pasangan yen tersebut turun tajam pada hari sebelumnya, sementara juga menghentikan kenaikan beruntun empat hari, karena dolar AS mencatat pelemahan di seluruh bursa perdagangan karena harapan atas stimulus Amerika dan kata-kata optimis dari para pembuat kebijakan Fed.

Namun, perlu dicatat bahwa sentimen risk-on (positif) telah memudar akhir-akhir ini di tengah laporan tentang memburuknya kondisi saat pandemi di Jepang dan permasalahan politik AS.

Nikkei News juga melaporkan berita yang menyarankan revisi turun perkiraan pertumbuhan PDB Bank of Japan (BOJ) untuk tahun fiskal 2020-21 yang berakhir pada bulan Maret. Bank sentral Jepang menurunkan prediksi PDB-nya menjadi -5.5% versus -4.7% perkiraan sebelumnya selama pertemuan akhir Oktober.

Selanjutnya, pidato PM Jepang Suga akan memberikan petunjuk langsung menjelang data Indeks Harga Konsumen (IHK) AS.

Perlu disebutkan bahwa pedagang USD/JPY harus mencari lebih banyak hal negatif dari PM Suga jika mereka menargetkan 102.00.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.