DAILY OUTLOOK

  • by

16 FEBRUARY 2021

TINJAUAN FUNDAMENTAL

EUR/USD: Euro Masih Memiliki Ruang Untuk “Bullish”.

EUR/USD mengalami kenaikan diatas 1.21 ditengah sentimen pasar yang “risk-on”. Optimisme mengenai vaksin dan focus yang baru terhadap stimulus AS mendorong naik sentimen pasar.

Trump dibebaskan dari tuduhan membangkitkan kerusuhan karena pemungutan suara tidak mencapai dua pertiga dari anggota sebagaimana yang disyaratkan oleh konstitusi. Sementara para analis politik sibuk dengan analisanya bagi investor hanya satu saja artinya focus Kongres bisa Kembali kepada stimulus. Hal ini membangkitkan harapan akan segera dikeluarkannya undang – undang stimulus sehingga meningkatkan sentimen pasar.

Riset dalam skala besar di Israel menunjukkan bahwa vaksin Pfizer memiliki efektifitas 94% di dunia nyata, meskipun adanya varian baru di Inggris. Tingkat efektifitas yang tinggi juga terlihat pada kelompok orang yang lanjut usia. Amerika Serikat dan Inggris terus mempercepat imunisasinya dengan Inggris telah mencapai batas 15 juta orang. Sementara Eropa tertinggal dibelakang, kecepatan imunisasi di Eropa telah meningkat pada hari – hari belakangan ini sehingga memberikan harapan. Terlebih lagi, kasus coronavirus dan kematian mengalami penurunan di kebanyakan negara – negara Eropa.

Politik di Italia telah menjadi stabil dengan mantan Presiden ECB Mario Draghi telah diangkat menjadi Perdana Menteri Itali yang baru setelah mendapatkan dukungan mayoritas dari partai politik di negara tersebut. Hal ini bisa memberikan dampak positif terhadap pergerakan ekonomi Uni Eropa berikutnya.

Secara keseluruhan ada ruang bagi euro untuk naik.

GBP/USD: Sterling Tembus $1,39 Untuk Pertama Kali Dalam Kurun Waktu 3 Tahun Dan Berpotensi Ke $1,4

Sterling, yang menembus $ 1,39 untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun pada hari Senin, bertahan di $ 1,3912. Itu juga bertahan stabil di 0,8715 per euro, tertinggi sejak Mei 2020.

Sterling telah menguat sebanyak 2,5% terhadap dolar dalam waktu kurang dari dua minggu karena peluncuran agresif program vaksinasi Virus Corona Inggris telah meningkatkan ekspektasi bahwa ekonominya akan dapat pulih lebih cepat daripada negara-negara Eropa lainnya.

Dolar AS tertekan pada hari Selasa, karena optimisme vaksin mendorong pound Inggris ke level tertinggi hampir tiga tahun, sementara kenaikan harga minyak dan ekspektasi yang tinggi untuk pemulihan global mendukung komoditas. Dalam perdagangan yang menipis oleh liburan Tahun Baru Imlek di China dan hari libur AS hari Senin, suasana positif juga membebani safe-haven yen yang mencatatkan level satu minggu terendah pada dolar semalam dan jatuh ke posisi terendah lebih dari dua tahun pada euro dan Aussie.

Indeks dolar AS, yang mengukur dolar terhadap enam mata uang utama, duduk di 90,351, tidak jauh di atas level terendah dua minggu yang dicapai Rabu lalu. “Dolar cenderung berkinerja buruk ketika Anda melihat sentimen positif yang luas di pasar,” kata Rodrigo Catril, ahli strategi mata uang senior di National Australia Bank Sydney.

“Ada juga tekanan inflasi terutama yang datang dari harga energi,” katanya, yang mendorong imbal hasil nominal – menambah beban lain pada yen karena hal itu dapat menarik arus dari Jepang – tetapi menjaga pengembalian riil pada obligasi tetap stabil.

AUD/USD: Aussie Terus “Bullish” Tertinggi Selama 4 Pekan.

Pair AUDUSD pada sesi Asia Selasa (16/2/2021)  bergerak kuat di jalur rally 4 sesi berturut hingga menembus posisi resisten kuat hariannya ke posisi tertinggi 4 pekan. Pair menguat oleh pelemahan lanjut dolar AS serta rally harga minyak mentah di pasa komoditas.

Namun risalah pertemuan RBA bulan lalu yang dovish membayangi laju pergerakan aussie, dimana bank sentral Australia tersebut menyerukan untuk kelanjutan stimulus moneter. Para pembuat kebijakan tersebut menyimpulkan bahwa ekonomi membutuhkan dukungan kebijakan moneter yang sangat signifikan untuk beberapa waktu.

Selain rally harga minyak mentah di pasar komoditas, kurs Aussie juga mendapat dorongan dari rally harga tembaga yang menjadi unggulan hingga naik ke posisi tertinggi 8 tahun.

Harga minyak mentah bergerak rally oleh ketegangan baru di Timur Tengah setelah koalisi pimpinan Saudi mencegat dan menghancurkan drone sarat bahan peledak yang ditembakkan oleh Iran- kelompok Houthi.

Indeks dolar yang menunjukkan kekuatan dolar AS terhadap banyak rival utamanya bergerak lemah di awal pasar uang Asia  setelah ditutup lemah sesi sebelumnya.

Dolar AS melemah karena uang terus mengalir ke mata uang berisiko di tengah prospek pemulihan ekonomi yang kuat yang didukung oleh harapan untuk lebih banyak pengeluaran pemerintah dan juga peluncuran bertahap vaksin di seluruh dunia.

USD/CHF

USD/JPY: YEN Masih Di Jalur Rally Untuk 5 Sesi Berturut-turut

Pair USDJPY pada sesi Asia Selasa (16/2/2021) masih dijalur rally untuk 5 sesi berturut di tengah posisi pelemahan dolar AS terhadap banyak rival utamanya dan juga secara indeks. Pair mendapat kekuatan dari perdagangan aset risiko yang semakin melaju merespon optimisme investor terhadap pertumbuhan ekonomi global.

Posisi yen Jepang sebagai safe haven lebih lemah dibandingkan dengan dolar AS dikarenakan masih lemahnya fundamental ekonomi Jepang.

Data awal menunjukkan pertumbuhan ekonomi Jepang sepanjang tahun 2020 kontraksi 4,8% dan merupakan kontraksi pertama sejak 2009.

Demikian juga pada kuartal terakhir 2020 lebih rendah dari kuartal sebelumnya, hanya naik 3% pada Q4/2020 setelah kuartal sebelumnya naik 5,3%.

Indeks dolar yang menunjukkan kekuatan dolar AS terhadap banyak rival utamanya bergerak lemah di awal pasar uang Asia  setelah ditutup lemah sesi sebelumnya.

Dolar AS melemah karena uang terus mengalir ke mata uang berisiko di tengah prospek pemulihan ekonomi yang kuat yang didukung oleh harapan untuk lebih banyak pengeluaran pemerintah dan juga peluncuran bertahap vaksin di seluruh dunia.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.