DAILY OUTLOOK

15 MARET 2021

TINJAUAN FUNDAMENTAL

EUR/USD: EURO Masih Berpeluang Turun Lagi

Di tengah perdagangan forex sesi Eropa hari Jumat (12/3/2021) posisi euro dalam pair EURUSD bergerak bearish kuat setelah 3 sesi berturut gain hingga menembus support kuat harian, tertekan oleh laju kekuatan dolar AS merespon kenaikan yield obligasi. Selain itu investor mencerna data ekonomi yang mixed. Tingkat inflasi Jerman yang dikonfirmasi pada level tertinggi hampir satu tahun, sementara indeks harga konsumen Spanyol tetap lemah dan penjualan ritelnya jatuh pada periode  Januari terbesar sejak Mei 2020. Namun Produksi industri zona euro naik 0,8% pada Januari, rebound dari penurunan 0,1%  pada Desember.

Posisi imbal hasil obligasi AS  10-Tahun mencapai 1,61% pada hari Jumat, kembali mendekati level yang tidak terlihat dalam lebih dari satu tahun, di tengah prospek pemulihan ekonomi yang kuat dan kekhawatiran inflasi yang baru. ECB tetap mempertahankan tingkat bunga dan QE tidak berubah sebagaimana yang telah diantisipasi secara luas. Presiden Christine Lagarde mengatakan bahwa bank sentral sedang memperhatikan nilai tukar matauang dan siap merekaliberasi alat pengaturan keuangannya. ECB siap untuk membeli obligasi dengan kecepatan yang lebih tinggi secara signifikan.

Optimisme di Eropa sebagian tertutupi oleh berita – berita yang menunjukkan bahwa beberapa negara Uni Eropa menghentikan vaksinasi dengan suntikan AstraZeneca setelah terjadi beberapa penggumpalan darah. Sementara itu, distribusi vaksin di Eropa tetap lambat dan diperkirakan akan terjadi banyak penundaan, dimana semuanya akan melemahkan kembalinya ekonomi region Uni Eropa.

Di Eropa, Industrial Production Jerman terkontraksi sebanyak 3.9% YoY pada bulan Januari, Inflasi bulan Februari berada di 1.6% YoY masih rendah. Di area Euro, GDP kuartal ke 4 direvisi turun menjadi – 0.7% QoQ.

GBP/USD: Poundsterling Ada Peluang Bullish

GBP/USD yang semula diperdagangkan di 1.39800 pada perdagangan sesi Asia, mengalami penurunan ke 1.39200 akibat naiknya dollar AS, sekalipun GDP Inggris keluar lebih baik daripada yang diperkirakan.

Inggris mengambil langkah pertamanya dalam kembali ke normal, dengan mengijinkan lebih banyak aktifitas dan berjalan dengan mulus. London dan Brusel bertikai mengenai produksi dan distribusi vaksin meskipun tidak sampai mempengaruhi pergerakan sterling.

Ekonomi Inggris menciut sebanyak 2.9% pada bulan Januari, dimana seluruh bangsa Inggris memasuki lockdown yang strict. Angka ini lebih baik daripada yang diperkirakan.

Minggu ini BoE akan mengumumkan keputusan mengenai tingkat bunganya pada hari Kamis. Gubernur BoE Andrew Bailey baru – baru ini mengulangi bahwa tingkat bunga yang negatip tidak ada dalam pemikiran dan pekerjaan – pekerjaan teknis sehubungan dengan itu jangan diartikan sebagai tanda akan diimplementasikan segera.

Bagaimana pemikiran BoE tentang naiknya yields obligasi? Dengan Federal Reserve akan lebih dahulu mengumumkan keputusan dan proyeksinya, Bailey dan koleganya kemungkinan memilih untuk menahan diri untuk berkomentar mengenai yields obligasi.

Pernyataan – pernyataan BoE mengenai kondisi ekonomi Inggris saat ini, dampak dari vaksin dan pembukaan kembali ekonomi akan menarik perhatian. Pandangan yang positip akan mendorong naik poundsterling sementara pandangan yang berhati-hati dan fokus kepada ketidakpastian akan mendorong poundsterling turun.

AUD/USD: AUSSIE Bergerak Bearish Setelah Pernyataan Gubernur RBA Philip Lowe Yang Dovish

Pair AUDUSD pada sesi Asia Senin (15/3/2021)  bergerak bullish dan masuk jalur resisten harian merespon kuatnya sentimen perdagangan aset risiko yang melemahkan dolar AS. Namun laju pair dibayangi oleh pernyataan Gubernur RBA Philip Lowe yang dovish.

Saat menyampaikan pidato pembukaan di Melbourne Business Analytics Conference,  Lowe mengisyaratkan bahwa bank sentral akan mempertahankan dukungan untuk memerangi pandemi sampai mereka mencapai tujuan untuk mendapatkan lapangan kerja penuh dan inflasi.

Lowe juga berkata, “Hasilnya adalah pemulihan ekonomi yang lebih cepat dan lebih kuat dari yang diharapkan. Namun, ini tidak menyembunyikan fakta bahwa jalan kita masih panjang. ”

Sentimen aset risiko mendapat support dari pernyataan Menteri Keuangan Janet Yellen akhir pekan lalu yang berkeinginan untuk menurunkan obligasi jika diperlukan sambil menerima kenaikan suku bunga jangka pendek. Selanjutnya pergerakan pair menunggu data produksi industri dan penjualan ritel China.

Indeks dolar yang menunjukkan kekuatan dolar AS terhadap banyak rival utamanya bergerak koreksi di awal pasar uang Asia  setelah menguat sesi sebelumnya.

Dolar AS yang sempat dibuka menguat, melemah kembali merespon turunnya yield obligasi dan bangkitnya sentimen perdagangan aset risiko.

USD/CHF

USD/JPY: Yen Kosolidasi Setelah Capai Posisi Tertinggi 9 Bulan

Pair USDJPY pada sesi Asia Senin (15/3/2021) bergerak konsolidasi setelah mencapai posisi tertinggi 9 bulan lebih akhir pekan lalu dan secara teknikal berada di area overbought.

Pair berusaha bergerak gain merespon pembukaan bursa saham Asia yang positif dan juga indeks bursa berjangka AS.

Yen berusaha rebound merespon rilis data pesanan mesin Jepang yang  pulih dari perkiraan penurunan -5.5% MoM dan -0.2% YoY ke angka -4.5% dan + 1.5% masing-masing.

Data tersebut mendukung rumor terbaru seputar rencana Bank of Japan (BOJ) mendatang untuk menurunkan target pembelian ETF enam triliun yen.

Indeks dolar yang menunjukkan kekuatan dolar AS terhadap banyak rival utamanya bergerak koreksi di awal pasar uang Asia  setelah menguat sesi sebelumnya.

Dolar AS yang sempat dibuka menguat, melemah kembali merespon turunnya yield obligasi dan bangkitnya sentimen perdagangan aset risiko.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.