DAILY OUTLOOK

5 APRIL 2021

TINJAUAN FUNDAMENTAL

EUR/USD: EURO Gagal Untuk Menguji Kembali Level 1,18000

Mata uang tunggal diperdagangkan defensif memotivasi EUR/USD untuk jatuh kembali 1,1750-an pada Jumat Agung.

EUR/USD sejauh ini membalikkan dua kenaikan harian berturut-turutnya, meskipun upaya bullish kehabisan tenaga tepat di depan penghalang utama di 1,1800, mengisyaratkan gagasan bahwa rebound tidak memiliki keberlanjutan dan karena itu mengekspos pasangan ini untuk memulai kembali tren menurun.

Pasangan ini sekarang menghadapi peningkatan tekanan sisi bawah di tengah kenaikan minat beli dalam dolar setelah laporan luar biasa dari Nonfarm Payrolls AS.

Memang, ekonomi AS menambahkan 916 ribu pekerjaan selama bulan lalu, sebagian besar melampaui perkiraan, sementara hasil bulan Februari juga direvisi lebih tinggi. Menambah nada optimis, tingkat pengangguran merayap lebih rendah ke 6,0% (dari 6,2%). Kenaikan kecil (mengecewakan?) dalam Tingkat Partisipasi mengakhiri catatan positif, sementara Penghasilan Rata-Rata Per Jam meleset dari estimasi, turun 0,1% MoM dan naik 4,2% dari tahun sebelumnya.

Terlepas dari hasil solid dari Payrolls, Payrolls masih hampir 8,5 juta lebih rendah dari angka Februari 2020, sementara tingkat pengangguran yang lebih rendah tetap sangat diremehkan oleh penurunan dalam Tingkat Partisipasi.

Kemerosotan semangat juang di Euroland ditambah dengan kecepatan peluncuran vaksin yang buruk di wilayah tersebut dan kinerja ekonomi AS yang lebih baik (vs. rekan-rekan G10-nya) semuanya telah berkolaborasi dengan pembaruan sikap penawaran jual di sekitar mata uang tunggal. Namun, dukungan stabil dari ECB (terlepas dari beberapa kekhawatiran verbal) dalam kombinasi dengan perkiraan rebound aktivitas ekonomi di kawasan dalam tahap pasca pandemi kemungkinan akan mencegah pullback yang lebih dalam pada pasangan ini dalam jangka lebih panjang.

Masalah utama yang mempengaruhi: Pemulihan ekonomi asimetris di wilayah tersebut. Keberlanjutan kenaikan inflasi. Kemajuan distribusi vaksin. Gejolak politik yang mungkin terjadi di sekitar Dana Pemulihan Uni Eropa.

GBP/USD: Poundsterling Di Persimpangan Jalan, NFP Data Berfungsi Sebagai Momen Yang Menetukan

  • GBP/USD telah naik di tengah sentimen pasar yang membaik.
  • Semua fokus tertuju pada Nonfarm Payrolls AS, yang diterbitkan di tengah likuiditas yang tipis.
  • Grafik empat jam hari Jumat melukiskan gambaran bullish.

Akankah Pembalikkan 180 derajat ke bawah atau 180 pip ke puncak sebelumnya? Satu hal yang pasti – volatilitas akan melonjak begitu Nonfarm Payrolls AS dirilis. Jumat Agung adalah hari libur di sebagian besar dunia, tetapi Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika masih menerbitkan angka-angka pekerjaan yang sangat penting pada hari ini.

AS sedang dalam jalur pemulihan yang dipercepat di tengah kampanye vaksinasi yang solid, pembukaan kembali negara bagian, dua putaran cek stimulus – dan optimisme terkait paket baru infrastruktur.

Sementara perkembangan terakhir mungkin membutuhkan waktu untuk membuahkan hasil, industri AS sudah bekerja di semua silinder. Indeks Manajer Pembelian Manufaktur ISM mengalahkan ekspektasi dengan skor 64,7 pada Maret, tertinggi sejak 1983.

AUD/USD: Turun Saat Index Dollar Naik

Pasangan AUD/USD turun rendah pada jam-jam awal sesi perdagangan Amerika dengan USD mengumpulkan beberapa penguatan di balik kenaikan yield obligasi Treasury AS. AUD/USD turun 0,13% pada basis harian di 0,7606.

DXY rebound di atas 93,00 setelah NFP

Publikasi bulanan Biro Statistik Tenaga Kerja AS mengungkapkan pada hari Jumat bahwa Nonfarm Payrolls (NFP) di AS naik 916.000 pada bulan Maret, dibandingkan dengan perkiraan analis yaitu kenaikan 647.000. Selanjutnya, Tingkat Pengangguran turun ke 6% dari 6,2% di Februari seperti yang diperkirakan.

Reaksi awal pasar, benchmark yield obligasi Treasury AS 10-tahun naik ke tertinggi harian 1,704% dan Indeks Dolar AS (DXY) naik melampaui 93,00. Saat ini, DXY naik 0,13% di 93,05.

Tidak akan ada rilis data ekonomi makro lainnya di sisa hari ini dan pasar obligasi AS akan ditutup lebih awal karena liburan Paskah, mengindikasikan bahwa aksi perdagangan kemungkinan akan tetap tenang dalam beberapa jam mendatang.

Pada basis mingguan, AUD/USD tetap berada di jalur untuk ditutup dengan penurunan kecil untuk kali kedua berturut-turut.

  • AUD/USD berada di bawah tekanan bearish moderat di awal sesi Amerika.
  • Indeks Dolar AS berubah positif hari ini di atas 93,00.
  • Laporan tenaga kerja yang mengesankan dari AS memberikan dorongan pada yield obligasi-T.

USD/CHF

USD/JPY: Yen Sedikit Menguat Setelah Laporan NFP Amerika

  • Pasangan USD/JPY naik tipis di awal sesi Amerika.
  • Yield obligasi-T AS 10-tahun membukukan kenaikan harian kecil di dekat 1,7%.
  • Nonfarm Payrolls di AS melonjak 916.000 di bulan Maret.

Setelah menghabiskan beberapa jam terakhir dalam kisaran yang sangat ketat di dekat 110,50, pasangan USD/JPY memperoleh daya tarik dan menyentuh tertinggi sesi 110,68 di awal sesi Amerika. Pada saat penulisan, pasangan ini membukukan kenaikan harian kecil di 110,62.

Data bulanan yang diterbitkan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS menunjukkan pada hari Jumat bahwa Nonfarm Payrolls di bulan Maret naik sebesar 916.000. Pembacaan ini mengalahkan ekspektasi pasar 647.000 dengan selisih yang lebar. Selain itu, pembacaan bulan Februari direvisi ke atas menjadi 468.000 dari 379.000.

Meskipun reaksi pasar sebagian besar kelu di tengah liburan Paskah, yield obligasi Treasury AS 10-tahun, yang turun lebih dari 4% pada hari Kamis, berubah positif pada hari ini di dekat 1,7% dan membantu greenback menemukan beberapa permintaan. Saat ini, Indeks Dolar AS sedikit lebih tinggi hari ini di 92,95.

Pasar saham di AS akan tetap ditutup karena Jumat Agung dan pasar obligasi akan ditutup pada pukul 16:00 GMT (23:00 WIB), mengindikasikan bahwa USD/JPY kemungkinan tidak membuat pergerakan signifikan di salah satu arah menjelang akhir pekan.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.