Daily Outlook Commodities (XAU & CLR)

7 Januari 2021

XAU/USD

Emas: Turun Karena Aksi Taking Profit & Naiknya USD

Harga emas berjangka turun pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat karena aksi ambil untung yang normal dari para trader berjangka dan konsolidasi grafik teknikal setelah emas menyentuh ketinggian selama dua bulan dalam perdagangan semalam. Emas berjangka kontrak bulan Februari diperdagangkan turun $45.00 pada $1,909.30 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS  bervariasi mengarah kepelemahan pada saat perdagangan sesi New York dimulai. Naiknya kembali USD, setelah sebelumnya sempat tertekan turun dengan nominasi partai Demokrat memimpin atas nominasi partai Republikan dalam pemilihan anggota Senat di Georgia, sekalipun kemenangan terlihat berbau kecurangan yang pekat, menambah tekanan turun bagi metal berharga.

Prospek akan dikeluarkannya paket stimulus multi-triliun yang baru yang akan membuat uang mengalir lebih banyak ke ekonomi AS dan global sehingga membuat dolar AS yang safe-haven semakin tidak diperlukan. Indeks saham AS juga mengalami tekanan turun dengan berita diatas karena Kongres yang dikontrol Demokrat kemungkinan akan membawa kepada kenaikan pajak.

ANALISA TEKNIKAL

OIL (CLR)

TINJAUAN FUNDAMENTAL

Minyak: Bertahan di Atas $50

Harga minyak mentah benchmark Amerika, WTI, sempat gagal meneruskan kenaikannya melampaui batas psikologis $50.00 dan berbalik turun ke bawah $50.00 karena naiknya persediaan minyak mentah dari Libia dan Uni Emirat Arab. Namun pada akhirnya berbalik kembali naik ke atas $50.

Pada awalnya harga West Texas Intermediate berhasil melewati $50.00 didukung oleh berita yang positif dari Arab Saudi dimana negara tersebut berkata akan memangkas produksi mereka sebanyak 1 juta barel per hari untuk dua bulan ke depan.

Setelah berita yang keluar dari Arab Saudi, yang membuat harga minyak mentah naik, OPEC+ mengatakan tidak akan menaikkan produksi mereka bulan depan, karena keprihatinan atas meningkatnya kasus coronavirus dan potensi dampaknya terhadap industry dan permintaan minyak mentah telah muncul ke permukaan.

Selanjutnya pada hari Rabu pagi, American Petroleum Institute (API) melaporkan penurunan persediaan minyak mentah AS sebanyak 1,7 juta barel, lebih banyak daripada yang semula diperkirakan.

Harga minyak mentah WTI sempat berbalik turun setelah muncul laporan bahwa produksi minyak mentah dari Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) pada bulan Desember mengalami kenaikan sebanyak 280.000 barel per hari menjadi 25,69 juta yang disebabkan oleh naiknya persediaan dari Libia dan Uni Emirat Arab, sebelum akhirnya berbalik naik kembali.

ANALISA TEKNIKAL

EDUCATION CORNER

FOMC meeting

Federal Open Market Committee, FOMC adalah dewan rapat kebijakan bank sentral Amerika Serikat. FOMC menghasilkan kebijakan yang cenderung berdampak global.

Karenanya, FOMC meeting merupakan pertemuan yang menghasilkan pengumuman penting dalam skala luas bagi para investor.

Secara struktural, FOMC merupakan komite yang beranggotakan para pejabat tinggi bank sentral Amerika Serikat alias Federal Reserve (The Fed).

Rapat secara berkala diadakan oleh para anggota komite ini untuk menentukan berbagai perubahan atas kebijakan moneter AS. Termasuk di antaranya suku bunga, stimulus moneter, hingga program pembelian obligasi.

Ringkasnya, rapat-rapat ini mempengaruhi pergerakan ekonomi dunia lantaran saat ini The Fed yang menjadi nahkoda kebijakan moneter AS. Dan, tentu saja, nilai dolar AS terbilang sangat menentukan secara global.

Unemployment Claims

Data ini mencatat jumlah warga negara yang mendaftarkan diri sebagai pengangguran untuk mendapatkan tunjangan pengangguran setiap minggunya. Di Amerika Serikat, data ini diumumkan sekali dalam seminggu, yaitu setiap hari Kamis.

Bedanya dengan unemployment rate adalah data ini diumumkan sekali dalam seminggu, sementara unemployment rate diumumkan sekali dalam sebulan.

Data unemployment rate merupakan persentase tingkat pengangguran dari jumlah total tenaga kerja, sementara initial claim merupakan jumlah orang yang mendaftarkan diri sebagai pengangguran.

Mirip dengan unemployment rate, jika angka initial claim naik daripada data sebelumnya, maka mata uang negara tersebut cenderung akan melemah. Apalagi jika data yang diumumkan lebih tinggi daripada perkiraan.

Ivey Purchasing Manager’s Index (PMI)

Adalah sebuah indikator yang mengukur level aktifitas dari para manager pembelian dalam mengelola semua sektor perekonomian yang tersedia di Kanada.

Jika nilai Ivey PMI Kanada Turun maka nilai mata uang CAD akan mengalami Penurunan