DAILY OUTLOOK COMMODITIES XAU & OIL

2 FEBRUARI 2021
Tinjauan Fundamental

XAU/USD Naik Menyusul Perak Karena Redditors Beralih Dari Saham GameStop ke Perak

Kenaikan harga emas selain karena mengikuti kenaikan harga perak juga karena bertambahnya permintaan “safe-haven” ditengah goyahnya pasar saham baru – baru ini. Emas berjangka kontrak bulan April sempat naik $17.30 ke $1,867.40 per ons.

Harga perak berjangka naik tinggi menyentuh ketinggian dalam 8 tahun di $30.35 pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat. Para trader ritel yang dipanasi oleh chatrooms di sosial media sedang menyerang mereka yang suka menekan harga di pasar. Para trader ritel ini berusaha memaksa para trader yang memasang posisi jual di pasar untuk menyerah kalah.

Apa yang terjadi di pasar, memulai minggu perdagangan yang baru di bulan Februari adalah harga perak naik melejit ke ketinggian 8 tahun di atas $30 per ons, dengan para trader ritel menggencet mereka yang punya posisi jual di pasar perak. Sosial media ramai selama akhir minggu lalu, khususnya di Reddit, dengan sekelompok trader ritel yang semakin bertambah banyak jumlahnya beralih mencari pasar yang lain untuk dihajar.

Kali ini giliran pasar perak yang menurut mereka di dominasi dan dimanipulasi oleh para “Big Boys” di Wall Street. Apa yang dilakukan oleh para trader ritel – Redditors – ini melanjutkan kepahlawanan mereka di GameStop pada minggu lalu, dimana para trader ritel yang kecil – kecil menggencet “hedge-fund” besar yang suka menekan bisnis – bisnis yang sedang dirundung masalah. Apa yang dilakukan oleh para Redditors ini membawa ketakutan kepada “hedge-fund” yang besar di Wall Street yang suka menjual saham yang mereka rasa sedang mengalami masalah saat ini atau ke depannya nanti.

Aksi beli yang dilakukan oleh para Redditors ini didukung oleh fundamental pasar metal berharga yang memang cenderung naik. Para veteran pengamat pasar sudah memperhitungkan dampak inflasi akibat banyaknya likuiditas di pasar keuangan akibat stimulus yang dikeluarkan oleh bank sentral dan pemerintah yang akan mendorong naik harga di pasar komoditi termasuk metal berharga.

Support & Resistance GOLD (XAUUSD) In H4 Time Frame (Update Feb 2nd, 2021) Masih berkisar diatas pivot point, ada kecenderungan Harga Rebound menguji level Resistance 1 di 1875.405 apabila berhasil lanjut mencoba mengejar area 1890an lagi. BUY Now 1855, S/L 1845/47 TP: 1865/1870

OIL (CLR) Masih Berfluktuasi Di Rentang Sempit $52 – $53

Harga minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) terus berfluktuasi dalam rentang harga yang sempit di antara $52 – $53 setelah ditutup pada minggu lalu dengan hampir – hampir tidak bergerak. Pada saat ini minyak mentah WTI diperdagangkan disekitar $52.78.

Pada minggu lalu, data yang dipublikasikan oleh Energy Information Administration (EIA) Amerika Serikat, menunjukkan penurunan inventori minyak mentah AS yang tajam dan membantu harga WTI bisa tetap berada di paruh atas dari rentang harga mingguan.

Selain itu meredanya ketegangan mengenai vaksin antara Uni Eropa dan Inggris telah membangkitkan harapan akan terjadinya pemulihan yang stabil di dalam permintaan energy yang pada gilirannya membuat minyak mentah WTI memulai minggu yang baru dengan pijakan yang kuat.

Sementara itu, survey dari Reuters menunjukkan bahwa produksi dari Organization of the Petroleum Exporting Countries’ (OPEC) meningkat untuk bulan ke tujuh di bulan Januari, yang kemungkinan bisa membatasi kenaikan dari harga minyak mentah WTI pada saat ini.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.