DAILY OUTLOOK COMMODITIES XAU & OIL

  • by

16 FEBRUARI 2021
Tinjauan Fundamental

XAU/USD: Emas Tertekan Dibawah $1,820 Ditengah Sentimen “Risk-On”

Emas diperdagangkan dalam tekanan jual pada pertengahan pertama perdagangan sesi Eropa dan terakhir bertengger dekat rentang harga lebih rendah disekitar $1,818.

Metal berharga emas gagal mengkapitalisir kenaikan intraday pada hari Jumat minggu lalu dari kerendahan di area $1,810 karena bertemu dengan “supply” baru pada hari pertama perdagangan yang baru. Penurunan ini disponsori oleh kombinasi faktor ditengah kecenderungan turunnya dollar AS.

Kemajuan vaksinasi terhadap penyakit menular coronavirus dan harapan akan dikeluarkannya stimulus fiskal dalam jumlah yang besar merupakan faktor pendukung sentimen “bullish” di pasar keuangan yang pada gilirannya menjadi salah satu faktor yang membebani emas yang “safe-haven”.

Menguatnya ekspektasi akan dikeluarkannya stimulus fiskal yang baru telah mendorong naik yield obligasi pemerintah AS ke level tertinggi sejak Februari 2020 yang selanjutnya membuat arus dana keluar dari emas yang tidak memberikan yield sama sekali.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Senin mendaftarkan AstraZeneca (NASDAQ: AZN) dan vaksin Virus Corona Universitas Oxford untuk penggunaan darurat, memperluas akses ke suntikan yang relatif murah di negara berkembang

Technical Analysis GOLD (XAUUSD) In H4 Time Frame (Update Feb 16th, 2021 On 3.40pm)

OIL (CLR): Minyak Naik Karena Cuaca Dingin di AS Menghentikan Operasi Kilang Minyak Di Texas

Harga minyak naik pada hari Selasa karena musim dingin menutup sumur dan kilang di Texas, negara bagian penghasil minyak mentah terbesar di Amerika Serikat, produsen minyak terbesar dunia.

Harga juga naik karena kelompok Houthi yang berpihak pada Iran mengatakan menyerang bandara di Arab Saudi dengan drone, meningkatkan kekhawatiran pasokan di eksportir minyak terbesar dunia, dan pada optimisme untuk pemulihan ekonomi global di tengah percepatan peluncuran vaksin Virus Corona.

Minyak mentah Brent naik 11 sen, atau 0,2%, menjadi $ 63,41 per barel, setelah naik ke level tertinggi sejak Januari 2020 di sesi sebelumnya.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 62 sen, atau sekitar 1%, menjadi $ 60,09 per barel. WTI tidak menyelesaikannya pada hari Senin karena hari libur federal AS. Harga akan menetap pada penutupan perdagangan pada hari Selasa.

“Gangguan pasokan AS yang tidak terduga memberikan jembatan pemulihan harga jangka pendek lainnya yang kemungkinan telah membawa harga minyak ke tingkat di mana pasar pada akhirnya menuju tetapi hanya sedikit lebih cepat dari yang diharapkan,” kata Stephen Innes, kepala strategi pasar global di Axi dalam sebuah catatan. pada hari Selasa.

Cuaca dingin di AS menghentikan sumur minyak dan kilang Texas pada hari Senin dan memaksa pembatasan pada operator pipa gas alam dan minyak mentah. Pembekuan dalam yang jarang terjadi mendorong pemasok tenaga listrik negara bagian untuk memberlakukan pemadaman bergilir, menyebabkan hampir 3 juta rumah dan bisnis tanpa listrik. Texas menghasilkan sekitar 4,6 juta barel minyak per hari dan merupakan rumah bagi 31 kilang, terbesar dari negara bagian AS mana pun, menurut data Administrasi Informasi Energi, termasuk beberapa kilang terbesar di negara itu.

Di Timur Tengah, kelompok Houthi yang berpihak pada Iran di Yaman mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah menyerang bandara Abha dan Jeddah Arab Saudi dengan drone.

Koalisi pimpinan Saudi yang memerangi Houthi di Yaman mengatakan pada Senin pagi bahwa mereka telah mencegat dan menghancurkan drone bermuatan bahan peledak yang ditembakkan oleh Houthi ke arah kerajaan.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.