DAILY OUTLOOK COMMODITIES XAU & OIL

4 MARET 2021
Tinjauan Fundamental

XAU/USD: Harga Emas Turun Tajam Setelah Pidato Powell

Harga emas berjangka turun menembus $1,700.00 ke sekitar $1,694.00 pada perdagangan pagi hari sesi Asia. Yields Treasury AS 10 tahun naik setelah pidato dari Powell yang mendorong turun harga emas sebanyak 1% dalam sehari.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Para trader dan investor berjaga – jaga memperhatikan yields obligasi pemerintah AS, yang umumnya naik belakangan ini, dan yang membuat pasar saham sekali lagi menjadi goyah pada akhir minggu ini. Yields Treasury AS 10 tahun saat ini hampir mencapai 1.5%.

Pasar menantikan pidato dari Powell dan mengharapkan Powell akan berbicara mengenai naiknya yields obligasi pemerintah AS dan prospek mengenai inflasi.

Selain itu pasar juga sedang menunggu laporan NFP AS bulan Februari yang diperkirakan akan menambah pekerjaan sebanyak 210.000 posisi.

Di dalam pidatonya, Powell mengatakan lonjakan imbal hasil baru-baru ini telah  menarik perhatian  mereka dan  prihatin dengan kondisi pasar yang tidak teratur atau pengetatan yang terus-menerus dalam kondisi keuangan yang mengancam pencapaian tujuan Fed.

Namun kepala Fed tersebut mengatakan perkiraannya tentang kenaikan inflasi hanya sementara, dikarenakan   ada banyak alasan untuk menutupi  sebelum pertumbuhan harga mencapai tingkat yang berkelanjutan di atas target 2 persen Fed. 

The Fed juga  mengisyaratkan bahwa suku bunga akan tetap pada level mendekati nol sampai inflasi berada di jalur yang melebihi 2 persen untuk beberapa waktu.

Review Pergerakan Emas (XAUUSD) Kamis, 4 Maret 2021 = 32.58 Points

OIL (CLR): Minyak Naik Menembus $64/Barrel Di Tengah Pertemuan OPEC+

Minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) mengalami kenaikan yang tertinggi dalam 13 bulan ke $64.46, karena naiknya optimisme dari pertemuan OPEC+.

Semula para tader kelihatannya terpecah dalam pendapat mengenai kemungkinan keputusan yang akan diambil oleh kartel minyak mentah terbesar di dunia ini, apakah akan melanjutkan pemangkasan produksi seperti sekarang ini ke bulan depan atau malah meningkatkan produksi yang kemungkinan sebanyak 500.000 barel perhari. Setelah ada laporan yang mengatakan ada kepastian bahwa OPEC+ tidak akan menaikkan produksi mereka pada bulan April dan Arab Saudi sedang mempertimbangkan untuk meneruskan pemangkasan produksi sebanyak 1 juta barel per hari secara sukarela sampai bulan Mei, maka harga minyak melejit menembus $64.00 per barel.

Sebelumnya, EIA melaporkan bahwa persediaan minyak mentah AS naik tajam sebanyak 21.563.000 barel selama minggu lalu. Pada hari Selasa API juga melaporkan angka persediaan minyak mentah AS yang lebih besar daripada yang diperkirakan. Namun pasar kelihatannya mengabaikan data persediaan minyak mentah AS ini.

Kenaikan harga minyak mentah WTI juga disebabkan karena bertambahnya arus masuk ke dalam ETF yang berbasiskan komoditi, yang disebabkan juga oleh karena meningkatnya optimisme prospek pertumbuhan ekonomi global karena harapan akan segera dikeluarkannya stimulus fiscal AS yang baru yang saat ini sudah ada di Senat setelah berhasil lolos dari House of Representative AS dan terjadinya kompromi – kompromi di antara Demokrat.

Tiga sumber OPEC + pada Rabu mengatakan beberapa anggota percaya bahwa produksi harus tetap tidak berubah dan tidak segera jelas apakah Arab Saudi akan mengakhiri pemotongan sukarela atau memperpanjangnya. Di Amerika Serikat, meskipun ada rekor lonjakan pasokan minyak mentah lebih dari 21 juta barel pekan lalu, pasokan bensin turun terbesar dalam 30 tahun karena penyulingan jatuh ke rekor terendah karena pembekuan di Texas.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.