DAILY OUTLOOK COMMODITIES XAU & OIL

15 MARET 2021
Tinjauan Fundamental

XAU/USD: Emas Berjuang Diatas $1720 Di Tengah Petunjuk Beragam

Setelah memulai minggu dengan pijakan yang lebih kuat, harga emas bergerak dikisaran $ 1.728 selama awal sesi Asia pada hari Senin. Logam kuning naik ke $ 1.727.60 dan naik ke $ 1.730.40 di tengah menit-menit awal perdagangan hari-hari. Dengan demikian, komoditas mempertahankan langkah pemulihan hari Jumat sambil mendukung konsolidasi dalam katalis risiko.

Meskipun komentar dari Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan optimisme AstraZeneca tampaknya telah mendukung pembeli emas, pedagang tetap berhati-hati menjelang pertemuan Fed minggu ini, yang pada gilirannya menguji pembeli logam mulia. Menteri Keuangan AS Yellen kembali menolak kekhawatiran refleksinya meskipun menunjukkan kekhawatiran atas kenaikan suku bunga jangka pendek.

Hal yang sama membuka jalan bagi para gubernur bank sentral AS untuk menenangkan rally obligasi di hadapan ekspektasi yang menyarankan mundurnya kebijakan uang yang mudah.

Di jalur yang sama, AstraZeneca menentang rumor pembekuan darah karena penggunaan vaksin covid-nya. Meski begitu, Belanda menangguhkan penggunaan vaksin tersebut hingga 29 Maret, yang pada gilirannya menyelidiki mood yang berisiko.

Di tempat lain, risiko tetap tidak ada petunjuk di tengah kurangnya katalis utama menjelang data Penjualan Ritel dan Produksi Industri bulan Januari di China. Dengan latar belakang ini, S&P 500 Futures naik turun di sekitar 3.930 sedangkan komoditas mempertahankan pergerakan pemulihan Jumat malam di tengah konsolidasi pasar. Selanjutnya, Penjualan Ritel China mungkin melonjak 32% dari 4,6% sebelumnya sementara Produksi Industri mungkin telah naik 30% versus 7,3% sebelumnya.

Sementara angka-angka ini dapat membantu harga emas untuk menjaga kekuatan awal minggu, setiap kejutan dari risiko dapat bersembunyi di bawah resistensi utama.

Review Pergerakan Emas (Jumat, 12 Maret 2021) = 30.13 Points
Technical Analysis OIL (Update, March 15th, 2021) in H4 Time Frame
Technical Analysis GOLD (Update, March 15th, 2021) in H4 Time Frame

OIL (CLR): Minyak Turun, Meski Ada Harapan Pemulihan Permintaan Bahan Bakar

Minyak turun pada hari Jumat pagi di Asia. Cairan hitam melepaskan beberapa keuntungan dari sesi sebelumnya bahkan ketika investor menyambut langkah terakhir dari paket stimulus AS yang mendorong harapan pemulihan permintaan bahan bakar meningkat. Minyak mentah berjangka Brent turun tipis 0,07% menjadi $ 69,47 dan kontrak berjangka WTI turun 0,32% menjadi $ 65,81.

Presiden AS Joe Biden menandatangani paket $ 1,9 triliun menjadi undang-undang pada hari Kamis, sehari setelah Dewan Perwakilan Rakyat memberikan persetujuan akhir untuk RUU tersebut.

Investor juga tetap optimis karena munculnya musim semi melihat lebih banyak mobil di jalan. Jarak tempuh kendaraan yang dikendarai di jalan raya Amerika dilaporkan meningkat 10% selama seminggu terakhir dari tujuh hari sebelumnya, sementara penggunaan jalan raya Inggris juga meningkat.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), bagaimanapun, membuat catatan hati-hati tentang prospek permintaan pada hari Kamis, karena menurunkan perkiraan untuk minyak mentah yang perlu dipompa selama dua kuartal berikutnya. Namun, keputusan yang dibuat oleh OPEC dan sekutunya (OPEC +) di awal bulan untuk melanjutkan pengurangan produksi saat ini juga terus memperketat pasar, dan peluncuran vaksin Virus Corona global terus mendorong optimisme atas pemulihan permintaan bahan bakar.

“Dengan asumsi program vaksinasi berhasil, kami memperkirakan permintaan bensin yang terpendam akan dirilis musim panas ini selama musim mengemudi di AS dan Eropa,” kata analis FGE dalam sebuah catatan.

Minyak menutup minggu yang bergejolak, dengan harga naik ke titik tertinggi sejak Oktober 2018 pada hari Senin setelah serangan terhadap fasilitas Arab Saudi. Harga mundur seiring berjalannya minggu, dan siap untuk mencatat kerugian mingguan yang moderat.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.