DAILY OUTLOOK COMMODITIES XAU & OIL

18 MARET 2021
Tinjauan Fundamental

XAU/USD: Emas Naik Ke Teritori Positif Setelah FOMC

Harga emas naik ke teritori positif setelah Federal Reserve AS mengulangi sikapnya bahwa tingkat bunga tidak akan naik segera meskipun ekspektasi atas pertumbuhan ekonomi dan inflasi melompat secara signifikan.

Emas berjangka kontrak bulan April saat ini diperdagangkan naik ke $1,750.40 per troy ons, naik lebih dari 0.61%.

Sebagaimana yang telah diduga, Federal Reserve AS tidak mengubah tingkat bunga yang sudah mendekati Nol.

Menurut proyeksi ekonomi yang terbaru dari the Fed, bank sentral AS ini cukup optimis dengan pertumbuhan ekonomi AS sampai pada akhir tahun dengan tingkat bunga diperkirakan tetap rendah.

The Fed juga mencatat adanya sedikit perbaikan di dalam kondisi ekonomi AS saat ini dibandingkan dengan pada saat pertemuan mereka yang terakhir di bulan Januari.

Namun, meskipun pemulihan ekonomi memanas selama 2021, komite bank sentral AS ini masih tidak melihat akan terjadinya kenaikan dalam tingkat bunga selama 2023.

Dalam proyeksi tingkat bunganya yang terbaru, bank sentral AS ini memperkirakan tingkat bunga akan tetap tidak berubah selama 2023, tidak berubah dari outlook mereka pada bulan Desember.

Review Pergerakan Emas (XAUUSD) Rabu, 17 Maret 2021 = 27.46 Points
Technical Analysis GOLD (XAUUSD) in H4Time Frame (Update March 18th, 2021)

OIL (CLR): Minyak Turun Ke Level Terendah Untuk Hari Kelima

Harga minyak turun untuk hari kelima pada hari Kamis (18/3) setelah data resmi menunjukkan kenaikan berkelanjutan dalam persediaan minyak mentah dan bahan bakar AS, sementara pandemi yang selalu ada mengaburkan prospek permintaan.

Minyak mentah Brent turun 12 sen, atau 0,2% menjadi $ 67,88 per barel pada 0119 GMT setelah turun 0,6% pada hari Rabu.

Minyak AS juga turun 12 sen, atau 0,2%, menjadi $ 64,48 per barel, setelah jatuh 0,3% pada sesi sebelumnya.

Data pemerintah pada hari Rabu menunjukkan persediaan minyak mentah AS telah meningkat selama empat pekan beruntun setelah kilang di selatan terpaksa ditutup karena cuaca dingin ekstrim.

Sebuah laporan industri yang memperkirakan penurunan 1 juta barel telah meningkatkan harapan kenaikan mungkin telah berhenti.

Persediaan minyak mentah AS meningkat 2,4 juta barel pekan lalu, sebuah laporan industri pada Selasa memperkirakan penurunan 1 juta barel. Analis rata-rata memperkirakan kenaikan 3 juta barel.

Terkait permintaan, sejumlah negara Eropa telah menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca Virus Corona karena kekhawatiran mengenai kemungkinan efek samping

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.