DAILY OUTLOOK COMMODITIES XAU & OIL

19 APRIL 2021
Tinjauan Fundamental

XAU/USD: Harga Emas Naik Tertinggi 7 Minggu; Menuju Kenaikan Mingguan Terbaik Dalam 5 Minggu.

Harga emas menguat mendekati puncak tujuh minggu pada hari Jumat (16/04), di jalur untuk mencatatkan minggu terbaik mereka dalam lima minggu, karena penurunan dalam imbal hasil Treasury AS dan dolar mengangkat daya tarik logam mulia ini.

Harga emas spot telah naik 1% menjadi $ 1.780.74 per ons, setelah mencapai level tertinggi sejak 26 Februari di $ 1.769.37 pada hari Kamis. Harga emas spot sudah naik 1,4% sepanjang minggu ini.

Harga emas berjangka AS naik 0,89% di $ 1.782,60.

Dolar AS melemah terhadap saingannya, sementara imbal hasil Treasury AS melayang di dekat level terendah satu bulan di sesi sebelumnya.

Keuntungan emas datang meskipun data AS menunjukkan penjualan ritel yang kuat dan penurunan signifikan dalam klaim pengangguran mingguan.

Pasar mempercayai Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga lebih rendah lebih lama, bahkan jika inflasi melonjak di atas 2% selama beberapa minggu atau bulan, pengurangan bank sentral masih sedikit lebih jauh dan ini adalah kenaikan bagi emas.

Kebijakan moneter yang longgar cenderung membebani imbal hasil obligasi pemerintah, meningkatkan daya tarik emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Economic Calendar For This Week (April 19 – 23, 2021)
Review Pergerakan Emas (XAUUSD), Jumat 16 April 2021 = 24.03 Points atau setara dengan $2,403

OIL (CLR): Harga Minyak Menuju Kenaikan Mingguan 6 Persen

Harga minyak datar pada perdagangan pada hari Jumat (16/04) tetapi berada di jalur untuk kenaikan mingguan lebih dari 6% dengan prospek permintaan minyak yang membaik dan pemulihan ekonomi yang kuat di Amerika Serikat mengimbangi kekhawatiran tentang lonjakan infeksi virus corona.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS datar di $ 63,54 per barel, setelah naik 31 sen pada Kamis.

Harga minyak mentah berjangka Brent naik 19 sen diperdagangkan pada $ 67,13 per barel, menyusul kenaikan 36 sen pada Kamis.

Pemulihan ekonomi yang kuat di seluruh dunia dan pembatasan pasokan oleh OPEC dan sekutunya, yang disebut OPEC +, serta respons yang hati-hati terhadap harga yang lebih tinggi oleh produsen minyak AS mendukung pasar.

Juga lonjakan dalam penjualan ritel AS, penurunan klaim pengangguran, dan tanda-tanda lebih banyak mobil di jalan di ekonomi terbesar dunia mendukung pasar.

Pedagang menantikan peningkatan lalu lintas yang khas di Amerika Serikat pada bulan Juni hingga Agustus.

Dengan perjalanan bermil-mil di jalan raya AS untuk pertama kalinya sejak wabah pandemi, itu berarti sedang dalam perjalanan menuju musim mengemudi musim panas AS yang melimpah yang bisa mendekati musim panas 2019.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.