DAILY OUTLOOK COMMODITIES XAU & OIL

27 APRIL 2021
Tinjauan Fundamental

XAU/USD: Harga Emas Sideways

Harga emas bergerak dalam rentang yang sempit pada awal perdagangan sesi AS hari Senin, digerakkan sebagian lebih banyak oleh konsolidasi grafik tehnikal setelah kenaikan baru-baru ini. Pergerakan naik emas masih menikmati tren naik harga jangka pendek dari grafik harian, yang menunjukkan dalam pergerakan sideways dan naik, resistensi sangat sedikit.

Emas berjangka kontrak bulan Juni turun $2.70 ke $1,780.30 per troy ons dan perak Comex bulan Mei naik $0.025 ke $26.10 per ons.

Event ekonomi utaman pada minggu ini adalah pertemuan Federal Reserve’s Open Market Committee (FOMC) yang akan dimulai pada Selasa pagi dan berakhir pada Rabu sore dengan sebuah pernyataan dan konferensi pers dari kepala the Fed Powell. Sementara diperkirakan tidak ada perubahan dalam kebijakan moneter, pasar akan mengamati dengan ketat outlook inflasi dari the Fed  dan setiap komentar mengenai kebijakan moneter.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah ke bervariasi Ketika perdagangan sesi New York dimulai. Para trader dan investor sedang mempertimbangkan aspek bullish dari menguatnya ekonomi global yang muncul dari pandemic, namun juga aspek bearish dari virus yang masih mengamuk di beberapa bagian dari dunia global, termasuk krisis utama di India. Selain itu hal yang agak menekan antusiasme dari investor adalah rencana dari pemerintah AS untuk menaikkan pajak.

OIL (CLR): Harga Minyak Berbalik Naik Tembus $62,00

Emas hitam mengalami tekanan jual yang berat memulai hari pertama dari minggu perdagangan yang baru dan menghapuskan keuntungannya yang dicatat pada dua sesi perdagangan sebelumnya. Investor sekarang mengkuatirkan naiknya kasus virus corona di India dan Jepang – negara pengimpor minyak mentah ketiga dan keempat terbesar di dunia ini – akan membuat permintaan minyak turun.

Kenaikan supply dari OPEC+ sebagaimana yang telah diperkirakan menjadi badai untuk harga minyak mentah. Kebanyakan percaya kelompok minyak ini akan meneruskan keputusannya untuk melonggarkan pemangkasan produksi sebanyak 350.000 barel per hari di bulan Mei, 350.000 barel perhari di bulan Juni dan 400.000 barel per hari di bulan Juli.

Hal lain yang mendorong turun harga minyak mentah WTI adalah sedikit bangkitnya dollar AS dari kerendahan beberapa minggu karena kenaikan dari yields AS.

Meskipun banyak faktor yang dapat menyebabkan turun, harga minyak mentah WTI berhasil menemukan support di sekitar $60.60 sehingga sekarang telah naik ke $62.21

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.