DAILY OUTLOOK COMMODITIES XAU & OIL

6 Mei 2021
Tinjauan Fundamental

XAU/USD: Emas Tetap Kuat Di Tengah Kenaikan Yields AS Serta Menguatnya US Dollar

Harga emas relatif stabil dengan sedikit menguat setelah mengalami tekanan jual pada awal perdagangan sesi AS hari Rabu, menyusul berita dari Treasury AS yang mengatakan bahwa diperlukan langkah ekstra untuk mendanai pemerintah jika batas pinjaman dari federal dinyatakan ulang pada musim panas ini.

Limit hutang AS akan jatuh tempo pada tanggal 14 Agustus. Yields obligasi treasury AS naik dengan munculnya berita ini sehingga menekan harga emas. Emas berjangka kontrak bulan Juni naik $5.90 ke $1,784.90 per troy ons. Sementara perak Comex bulan Juli turun $0.168 ke $26.395 per ons.

Pasar saham global naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai setelah mengalami aksi jual pada hari Selasa.

Data ekonomi AS yang dinantikan pada pertengahan minggu ini adalah laporan employment nasional dari sektor swasta untuk bulan April yang dikeluarkan oleh ADP  yang muncul dengan kenaikan ke 742.000 dari sebelumnya sebanyak 517.000 pada bulan Maret, tidak jauh dari yang diperkirakan kenaikan sampai dengan 800.000 yang membuat dollar AS mengalami sedikit kenaikan dan pada gilirannya membatasi potensi kenaikan dari harga emas.

OIL (CLR): Harga Minyak Yang Kemarin Turun, Hari Ini Naik Akibat Turunnya Stok Minyak Mentah WTI

Harga minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate, (WTI) diperdagangkan ke level tertinggi sejak awal bulan Maret di $66.60, naik 0.7% secara basis harian, sebelum akhirnya turun sedikit ke $66.00.

Stok minyak mentah AS berubah dengan penurunan sebanyak 8 juta barel untuk periode minggu yang berakhir pada tanggal 30 April, menurut laporan mingguan yang dipublikasikan oleh Energy Information Administration (EIA) AS pada hari Rabu. Sementara para analis memperkirakan penurunan stok minyak mentah AS hanya sebanyak 2.3 juta barel.

Reaksi pasar awalnya adalah harga minyak mentah WTI meneruskan kenaikannya.

Impor minyak mentah AS rata-rata sebanyak 5.5 juta barel per hari pada minggu lalu, turun sebanyak 1.2 juta barel per hari dari minggu sebelumnya.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.