DAILY OUTLOOK COMMODITIES XAU & OIL

10 Mei 2021
Tinjauan Fundamental

XAU/USD: Emas Berusaha Menembus $1,850 Menuju $1,900

Minggu lalu telah direkomendasikan bahwa harga emas bisa naik tembus $1,800 dan bisa lanjut mengarah ke $1,900. Dan ternyata pergerakan naik harga emas berhasil menembus $1,800 namun pergerakan naiknya terhenti di $1,831. Minggu ini harga emas sedang berusaha untuk membukukan keuntungan mingguan terbesar sejak awal tahun menembus $1,850 dan tidak tertutup kemungkinan mencapai $1,900, dengan adanya ketakutan akan inflasi dan melemahnya dollar AS.

Minggu lalu, harga emas sempat naik lebih dari $70 pada minggu lalu, dan diperdagangkan di atas $1,840 per ons. Kekuatan naik harga emas ini, datang setelah lebih dari dua bulan terkonsolidasi di bawah $1,800.

Faktor terakhir yang mendorong naik harga emas pada akhir minggu lalu adalah turunnya data employment AS yang jauh lebih daripada yang diperkirakan. Angka NFP hanya menunjukkan penciptaan pekerjaan sebanyak 266.000 di bulan April. Sementara consensus pasar memperkirakan sebanyak 1 juta pekerjaan. Kekecewaan bertambah dengan angka bulan lalu, bulan Maret direvisi turun dari 916.000 menjadi 770.000.

Apa yang terjadi adalah kekecewaan yang signifikan. Ekonomi sedang beranjak pulih, namun kecepatan pulihnya dari sisi employment tidak sekuat seperti yang diharapkan. Kesulitannya kelihatannya ada pada perekrutan karyawan, yang memaksa majikan untuk menaikkan upah. Kelihatannya AS akan menghadapi isu unemployment untuk sementara waktu.

Akibatnya, tingkat bunga riil turun, dollar AS juga turun dan harga emas terdorong naik.

Meningkatnya ekspektasi akan inflasi juga mempercepat pergerakan naik dari emas pada minggu lalu. Dalam kompleks perdagangan komoditi keseluruhan, emas belum bergerak naik pada beberapa bulan terakhir dibandingkan dengan komoditi lain yang ada di sektornya. Sekarang harga emas mulai menembus batas resistance kunci dengan para “bargain hunter” mulai masuk. Ada orang-orang yang membeli komoditi untuk jangka panjang karena keprihatinan akan inflasi.

Level kritikal berikutnya bagi emas untuk dilewati adalah $1,851 per ons.

Economic Calendar For Today (Mon, May 10th, 2021)
Gold On Last Friday

OIL (CLR): Minyak Berjangka Catatkan Gain Untuk Minggu Ini

Minyak berjangka naik pada hari Jumat, dengan harga untuk minyak mentah acuan AS dan global naik di minggu kedua karena pedagang terus menilai prospek permintaan untuk pasar. Harga minyak mentah berjangka benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) turun 92 sen atau 1.4% ke $64.71, sekalipun pada awalnya menikmati keuntungan  oleh karena keluarnya data persediaan minyak mentah AS yang turun lebih tajam daripada yang diperkirakan.

Emas hitam ini melepaskan keuntungan awal yang sempat diperoleh dan berada dibawah tekanan karena naiknya infeksi Virus Corona di India dan negara lainnya.

India membukukan rekor dalam infeksi dan kematian harian oleh karena Virus Corona, yang membebani pasar minyak mengingat negara India adalah konsumen minyak mentah yang besar yang menduduki posisi nomor dua sebagai pengimpor terbanyak minyak mentah.

Sebaliknya pelonggaran restriksi di Eropa bersamaan dengan turunnya inventori minyak mentah AS mendukung harga emas.

Hal lain yang menahan penurunan dari harga minyak mentah WTI adalah melemahnya dollar AS.

Laporan Non-Farm Payrolls AS yang sangat mengecewakan telah memicu aksi jual dollar AS pada akhir minggu lalu, dengan angka yang keluar mengkonfirmasi sikap Federal Reserve yang mau mempertahankan tingkat bunga rendah lebih lama lagi. Laporan pekerjaan AS, Non-Farm Payrolls yang buruk hanya bertambah sebanyak 266.000 pekerjaan dibandingkan dengan yang diperkirakan sebanyak 1 juta pekerjaan dan dari bulan lalu yang direvisi turun, sebanyak 770.000 pekerjaan.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.