DAILY OUTLOOK HANGSENG INDEX

31 MARET 2021
Tinjauan Fundamental

HIS Naik Di Dukung Pelonggaran Pembatasan

Saham Hong Kong memulai perdagangan pada hari Rabu dengan kenaikan yang lebih sehat, memperpanjang reli mereka untuk hari keempat karena data menunjukkan peningkatan aktivitas pabrik China yang mengalahkan perkiraan pada bulan Maret. Sementara saham Asia berada di jalur untuk kerugian bulanan pertama mereka sejak Oktober lalu meskipun pasar naik pada hari Rabu dan dollar AS menguat karena investor fokus pada tanda-tanda yang tumbuh dari pemulihan ekonomi global yang stabil.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang naik untuk hari keempat berturut-turut ke level tertinggi satu minggu di level 682.36 poin. Indeks, terakhir naik 0.4% masih cukup jauh dari puncak sepanjang masa di 745.89 yang disentuh bulan lalu. Untuk satu bulan sejauh ini, indeks turun 1.6% untuk berada di jalur kerugian pertama dalam lima bulan. Kenaikan kuartalan terkecil sejak penurunan 21% pada Maret 2020 ketika pandemi virus corona membuat aktifitas dunia terhenti.

Sebagian besar saham AS ditutup lebih rendah pada Selasa dengan Dow Jones Industrial Average turun tipis sehari setelah ditutup pada rekornya karena investor bersiap untuk rincian lebih lanjut tentang rencana infrastruktur Presiden Joe Biden yang diperkirakan akan memasukkan triliunan dollar dalam pengeluaran yang sebagian diimbangi oleh kenaikan pajak. Presiden Biden diperkirakan akan menguraikan rencananya dalam pidatonya Rabu ini.

Dow turun sekitar 100 poin atau 0.3%, menjadi ditutup di dekat 33,071 menurut angka awal. S&P 500 kehilangan sekitar 12 poin atau 0.3% berakhir di dekat 3,959. Nasdaq Composite kehilangan 14 poin atau 0.1% untuk berakhir diluar terendah sesi di dekat 13,045 setelah saham teknologi merasakan tekanan dari kenaikan baru dalam imbal hasil Treasury. Sedangkan saham Hong Kong ditutup dengan catatan positif lagi di sesi perdagangan hari Selasa kemarin menguat 0.75% seiring pemerintah wilayah Hong Kong yang tengah bersiap untuk melonggarkan kebijakan pembatasan aktifitas ekonomi dan bisnis di wilayah tersebut.

Secara teknikal hari ini, pergerakan HSI terlihat sudah mem-break down garis tren line hariannya. Bila terjadi penurunan diperlukan area konfirmasi di kisaran 28225/75 untuk membuka peluang menuju ke level support berikutnya. Sebaliknya bila terjadi break up dan mampu melampaui area kisaran 28625/75 membuka peluang menuju ke level resistance hariannya.

OIL (CLR): Harga Minyak Stabil Di Area $60 – $61

Harga minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) beberapa waktu terakhir bergerak dalam rentang harga antara $59.50 sampai $62.00. Saat ini harga minyak WTI diperdagangkan disekitar $61.00, dengan penurunan berhadapan dengan “support” di $59 dan kenaikan berhadapan dengan “resistance” di $62.

Kabar baik datang dari Mesir, dimana otoritas Mesir berhasil membuat kapal super besar Ever Given yang sebelumnya terdampar, kembali dapat mengapung dan berjalan di Kanal Suez yang mengakibatkan perdagangan global kembali normal secara bertahap.

Salah satu dari penggerak harga minyak mentah yang paling penting adalah pertemuan OPEC+ pada tanggal 1 April yang kebanyakan setuju untuk menaikkan produksi. Namun, keprihatinan akan permintaan minyak mentah dari Eropa yang sedang dilanda gelombang ketiga dan kejatuhan yang tajam dari harga minyak belakangan ini, membuat rencana kenaikan produksi menjadi tidak pasti.

Penggerak harga minyak mentah yang penting lainnya adalah perkembangan pandemi di Eropa saat ini. Lockdown yang lebih ketat di daratan Eropa ditengah serangan gelombang ketiga virus corona telah membebani harga minyak mentah WTI.

Kanselir Jerman Angela Merkel kehilangan kesabaran dalam usaha mengendalikan penyebaran virus corona menghadapi tindakan dari negara bagian di Jerman, dan kemungkinan akan mensentralisir kekuasaan dan mempertimbangkan akan memberlakukan jam malam seperti tetangganya Perancis.

Sementara itu, Paris sedang berusaha memberlakukan restriksi yang baru karena infeksi meningkat dengan kecepatan yang mengkuatirkan dan rumah sakit terancam kebanjiran pasien virus corona. Namun di Inggris keadaan baik dengan kasus baru dan kematian serta masuk ke rumah sakit masih rendah dan ekonomi sedang dalam jalur pembukaan kembali.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.