DAILY OUTLOOK HANGSENG INDEX

10 Mei 2021
Tinjauan Fundamental

Hangseng Menguat Di Tengah Pergolakan Australia & Tiongkok

Saham Asia terutama Hangseng Index menguat di tengah harapan laporan pekerjaan AS yang optimis, serta vaksinasi yang lebih cepat, selama Jumat pagi. Namun, sentimen yang berhati-hati membatasi kinerja bullish karena kekhawatiran virus Corona meningkat di Jepang dan India.

Menyusul dukungan AS dan Uni Eropa (UE) untuk mengesampingkan hak paten vaksin virus corona, harapan berputar lebih cepat, yang pada gilirannya meningkatkan mood pasar. Setelah itu, pembuat kebijakan Federal Reserve (Fed) AS menolak obrolan kenaikan suku bunga sementara sinyal awal untuk laporan pekerjaan Amerika hari ini untuk April juga datang dengan optimis.

Di tengah permainan ini, ketiga tolok ukur utama Wall Street ditutup di wilayah positif untuk pertama kalinya pekan ini dan suasana risk-on membantu pasar Asia-Pasifik juga. Di sisi positif Asia adalah Pernyataan Kebijakan Moneter RBA yang optimis, perdagangan dan IMP Tiongkok yang kuat, serta ekspektasi Inflasi RBNZ yang lebih kuat.

Sementara itu, India menyentuh tertinggi baru sepanjang masa infeksi COVID dengan 414.188 sebagai angka terbaru sedangkan Jepang tampaknya akan memperpanjang dan memperluas keadaan darurat nasional ketiga hingga 30 Mei. Yang juga di sisi negatif risiko adalah pergolakan Australia-Tiongkok. Ketegangan antara China dan negara-negara barat lainnya membebani perdagangan saham teknologi. Uni Eropa pada hari Rabu mengambil langkah-langkah untuk berjaga-jaga terhadap persaingan ekonomi dari China yang dianggap tidak adil, sebuah tanda meningkatnya ketidakpercayaan setelah sanksi Barat atas pelanggaran hak asasi dan pembalasan Cina.

Selain itu Cina memperpanjang kinerja perdagangannya yang mengesankan pada bulan April, dengan ekspor yang tiba-tiba mengalami percepatan dan pertumbuhan impor mencapai tertinggi satu dekade, sebagai pendorong bagi ekonomi terbesar kedua di dunia.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.