DAILY OUTLOOK HANGSENG INDEX

30 MARET 2021
Tinjauan Fundamental

Hangseng Naik Di Awal Perdagangan Hari Ini

Saham Hong Kong dibuka dengan keuntungan yang sehat pada Selasa pagi menyusul rekor lain di Wall Street karena investor mengamati perkembangan vaksin sambil menunggu rilis data pekerjaan AS minggu ini. Sementara Dow Jones Industrial Average naik ke rekor baru semalam meskipun saham bank melemah akibat penurunan margin call di hari Jumat.

Dow menghapus kerugian 160 poin dan ditutup naik 98 poin pada rekor barunya di 33,171. S&P 500 turun 0.09% menjadi 3,971 setelah jatuh sebanyak 0.8% sebelumnya. Nasdaq Composite tergelincir 0.6% menjadi 13,059. Saham ViacomCBS dan Discovery fluktuasi antara kerugian dan keuntungan setelah tekanan jual yang intens minggu lalu. Kedua perusahaan itu diyakini akan terkena likuidasi paksa atas posisi yang dipegang oleh perusahaan keluarga Archegos Capital Management bernilai miliaran dollar, kata sumber yang mengetahui situasi tersebut kepada CNBC.

Discovery kehilangan 1,.%, sementara ViacomCBS turun 6.7%. Kedua perusahaan telah kehilangan 27% masing-masing selama aksi jual hari Jumat. Di tempat lain, Boeing naik 2.3% di tengah berita bahwa Southwest Airlines telah menambahkan 100 pesanan untuk pesawat jet 737 Max. 30 jet pertama dijadwalkan untuk dikirim pada 2022.

Saham Hong Kong sendiri kemarin ditutup tipis pada Senin seiring para pedagang berjuang untuk lanjutkan keuntungan yang dinikmati pada akhir pekan lalu, sementara perhatian beralih ke rilis data pekerjaan AS. Nilai saham dari China Petroleum & Chemical Corp yang lebih dikenal dengan Sinopec, mengalami lonjakan hingga lebih dari 5.5% di sesi perdagangan awal pekan ini, sehingga mampu membantu indeks saham Hangseng ditutup di kisaran 0.34% lebih tinggi.

Secara teknikal hari ini, pergerakan HSI diperkirakan masih melanjutkan kenaikan dengan pengujian di area level 28777 – 29214. Bila terjadi pull back atas diperlukan area konfirmasi di kisaran 28631 membuka peluang menuju ke level resistance berikutnya. Sebaliknya bila terjadi penurunan dan mampu mem-break down dari garis tren line hariannya membuka peluang menuju ke level support hariannya.

OIL (CLR): Harga Minyak Stabil Di Area $60 – $61

Harga minyak mentah benchmark Amerika, West Texas Intermediate (WTI) beberapa waktu terakhir bergerak dalam rentang harga antara $59.50 sampai $62.00. Saat ini harga minyak WTI diperdagangkan disekitar $61.00, dengan penurunan berhadapan dengan “support” di $59 dan kenaikan berhadapan dengan “resistance” di $62.

Kabar baik datang dari Mesir, dimana otoritas Mesir berhasil membuat kapal super besar Ever Given yang sebelumnya terdampar, kembali dapat mengapung dan berjalan di Kanal Suez yang mengakibatkan perdagangan global kembali normal secara bertahap.

Salah satu dari penggerak harga minyak mentah yang paling penting adalah pertemuan OPEC+ pada tanggal 1 April yang kebanyakan setuju untuk menaikkan produksi. Namun, keprihatinan akan permintaan minyak mentah dari Eropa yang sedang dilanda gelombang ketiga dan kejatuhan yang tajam dari harga minyak belakangan ini, membuat rencana kenaikan produksi menjadi tidak pasti.

Penggerak harga minyak mentah yang penting lainnya adalah perkembangan pandemi di Eropa saat ini. Lockdown yang lebih ketat di daratan Eropa ditengah serangan gelombang ketiga virus corona telah membebani harga minyak mentah WTI.

Kanselir Jerman Angela Merkel kehilangan kesabaran dalam usaha mengendalikan penyebaran virus corona menghadapi tindakan dari negara bagian di Jerman, dan kemungkinan akan mensentralisir kekuasaan dan mempertimbangkan akan memberlakukan jam malam seperti tetangganya Perancis.

Sementara itu, Paris sedang berusaha memberlakukan restriksi yang baru karena infeksi meningkat dengan kecepatan yang mengkuatirkan dan rumah sakit terancam kebanjiran pasien virus corona. Namun di Inggris keadaan baik dengan kasus baru dan kematian serta masuk ke rumah sakit masih rendah dan ekonomi sedang dalam jalur pembukaan kembali.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.