SUMMARY ECONOMIC CALENDAR

8 Januari 2021

EDUCATION CORNER

Employment Change (CAD)

Employment Change merupakan indikator awal pengeluaran konsumen yang menunjukkan tingkat aktivitas perekonomian secara keseluruhan, sedangkan Unemployment Rate mengukur persentase jumlah tenaga kerja yang sedang tidak bekerja dan aktif mencari pekerjaan. Kedua data tersebut dirilis secara bersamaan, dan sama-sama menunjukkan perubahan yang dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Jika hasil rilis pertambahan tenaga kerja lebih tinggi dari perkiraan dan tingkat pengangguran lebih rendah dari perkiraan, maka CAD akan cenderung menguat terhadap mata uang utama lainnya. Begitupun sebaliknya.

Unemployment Rate (CAD)

Tingkat Pengangguran mengukur persentase total penduduk usia kerja yang tidak bekerja dan aktif mencari pekerjaan selama bulan lalu. Data yang lebih tinggi dari ekspektasi dapat dianggap sebagai negatif/pesimis untuk CAD, sedangkan data lebih rendah dari ekspektasi dapat dianggap sebagai positif/optimis untuk CAD.

Average Hourly Earnings m/m (USD)

Tingkat pertumbuhan antara tingkat rata-rata per jam dalam satu bulan dan tingkat pertumbuhan upah, sehingga dapat pula dijadikan indikator inflasi. Tingkat per tahunnya juga penting disimak untuk memberikan gambaran trend jangka panjang.

Jika nilai Average Hourly Earnings Amerika Serikat (AS) Naik maka BIASANYA nilai mata uang USD akan mengalami Kenaikan.

Non-Farm Employment Change / Non-Farm Payroll (USD)

NFP (Non-farm Payroll) merepresentasikan perubahan jumlah tenaga kerja di AS selama satu bulan sebelumnya, tetapi tidak termasuk yang bekerja di sektor pertanian. NFP merupakan salah satu rilis keuangan yang paling dinanti. Secara umum, NFP digunakan sebagai pengukur kesehatan ekonomi di Amerika Serikat.

US-NFP (Non-farm Payroll) adalah laporan yang mengukur pertumbuhan mengenai para pekerja AS pada semua sektor kecuali:

  • Sektor pertanian
  • Wirausaha
  • Pekerja Rumah Tangga
  • Militer
  • Agensi Intelijen

Data ini diumumkan oleh U.S. Bureau of Labor Statistics bersamaan dengan laporan tingkat pengangguran. Data ini di rilis tiap bulan pada hari Jumat minggu pertama yang mencakup jumlah rata-rata waktu kerja dan pendapatan rata-rata per minggu bagi pekerja paruh waktu. Secara umum, laporan ini menampilkan data perubahan jumlah pekerja di luar sektor yang disebutkan di atas dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Seringkali dipergunakan untuk mengukur kesehatan perekonomian.

Meskipun data NFP ini diumumkan di hari Jumat pertama setiap bulannya pada pukul 08.30 waktu setempat (atau 19.30 WIB), terkadang publikasi data ini diundur ke Jumat ke-2 apabila hari pertama di bulan itu adalah Jumat.

Data US-NFP ini merupakan salah satu data yang tergolong high impact dan sebagian trader menyebutnya sebagai data besar atau big figure. Julukan tersebut diberikan karena biasanya harga pasar  bergerak sangat volatile dan signifikan ketika data ini diumumkan.

Seberapa Penting Data US-NFP Dalam Trading Forex?

  • Seperti yang telah disebutkan diatas, angka yang dipublikasikan dalam laporan US-NFP merupakan pertumbuhan pekerjaan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.
  • Laporan tersebut mengandung banyak petunjuk berharga mengenai tenaga kerja dan memiliki dampak langsung terhadap pasar modal, nilai tukar USD dan juga harga emas.
  • US-NFP merupakan alat utama yang dipergunakan untuk menentukan kesehatan ekonomi AS secara umum, dan sekaligus memprediksi keadaan di waktu yang akan datang.
  • Total US-NFP ini mencakup kira-kira 80% dari jumlah pekerja yang memiliki andil dalam membentuk GDP (Gross Domestic Product/PDB) Amerika Serikat.
  • Dengan data tersebut, para penentu kebijakan selalu mempertimbangkan data tenaga kerja guna membuat keputusan-keputusan penting.
  • Jika semakin banyak job yang terbuka pada saat itu, maka semakin baik pula angka NFP dan kondisi bisnis pun akan meningkat dengan bertambahnya investasi serta perekrutan tenaga kerja.
  • Tidak hanya melihat pertumbuhan lapangan kerja, data ini juga memperlihatkan statistik pengangguran Amerika Serikat, mencakup tingkat pengangguran secara umum, tingkat pengangguran jangka panjang dan tingkat pengangguran muda.
  • Tingkat partisipasi tenaga kerja juga merupakan data statistik penting yang dipergunakan untuk mengukur seberapa tinggi sebenarnya tingkat pengangguran di negara tersebut.

Umumnya, pembacaan data yang tinggi dianggap positif (Bullish) bagi USD, dan pembacaan data yang rendah dianggap negatif (Bearish).

Unemployment Rate (USD)

Unemployment Rate adalah data ekonomi yang menunjukkan persentase total angkatan kerja yang menganggur dan aktif mencari pekerjaan selama bulan sebelumnya.


Data ini dinantikan oleh pasar karena jumlah orang yang menganggur merupakan sinyal penting kesehatan ekonomi secara keseluruhan karena belanja konsumen sangat berkorelasi dengan kondisi pasar tenaga kerja. Pengangguran juga menjadi pertimbangan utama untuk menentukan kebijakan moneter sebuah negara.

Penurunan Unemployment Rate cenderung berimbas positif bagi nilai tukar mata uang.