SUMMARY FX & COMMODITIES

  • by

16 FEBRUARY 2021

EUR/USD – Euro mengalami kenaikan diatas 1.21 ditengah sentimen pasar yang “risk-on”. Optimisme mengenai vaksin dan focus yang baru terhadap stimulus AS mendorong naik sentimen pasar. Juga Politik di Italia telah menjadi stabil dengan mantan Presiden ECB Mario Draghi telah diangkat menjadi Perdana Menteri Itali yang baru.
Resistance di 1.21507, support di 1.20805

USDJPY – Harga naik setelah Yen Jepang yang dipandang sebagai aset safe-haven, turun 0,4% terhadap greenback. Yen masih dijalur rally untuk 5 sesi berturut di tengah posisi pelemahan dolar AS. Yen mendapat kekuatan dari perdagangan aset risiko yang semakin melaju merespon optimisme investor terhadap pertumbuhan ekonomi global.
Resistance utama 105.725, support 104.767

USDCHF – Harga turun setelah USD bertahan di dekat posisi terendah dua minggu karena optimisme tentang peluncuran vaksin Virus Corona dan paket stimulus AS senilai $ 1,9 triliun menawarkan dorongan untuk mata uang, pasar saham, dan harga komoditas yang lebih berisiko.
Resistance utama 0.89351, support  0.88810

GBPUSD – Harga naik karena melemahnya USD yang membawa pound Inggris menembus $ 1,39 untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun, dibantu oleh ekspektasi bahwa keberhasilan program vaksinasi Virus Corona Inggris dapat memungkinkan ekonomi untuk terbuka dan pulih.
Resistance utama 1.39579, support 1.38651

AUDUSD – Aussie masih bergerak kuat di jalur rally 4 sesi berturut hingga menembus posisi resisten kuat hariannya ke posisi tertinggi 4 pekan. Pair menguat oleh pelemahan lanjut dolar AS serta rally harga minyak mentah di pasa komoditas.
Resistance di 0.78057, Support di 0.77479

XAUUSD – Emas turun di dukung oleh kombinasi factor ditengah kecenderungan turunnya dollar AS. Kemajuan vaksinasi terhadap penyakit menular coronavirus dan harapan akan dikeluarkannya stimulus fiskal dalam jumlah yang besar merupakan faktor pendukung sentiment “bullish” di pasar keuangan yang pada gilirannya menjadi salah satu faktor yang membebani emas yang “safe haven”. 
Resistance di 1831.28, Support di 1811.24

Oil – Harga minyak naik pada hari Selasa karena musim dingin menutup sumur dan kilang di Texas, negara bagian penghasil minyak mentah terbesar di Amerika Serikat, produsen minyak terbesar dunia. Harga juga naik karena kelompok Houthi yang berpihak pada Iran mengatakan menyerang bandara di Arab Saudi dengan drone, meningkatkan kekhawatiran pasokan di eksportir minyak terbesar dunia.
Resistance di 61.30, Support di 59.81

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.