SUMMARY FX & COMMODITIES

4 MARET 2021

EUR/USD – Euro turun di dukung oleh penguatan US dollar dan ECB dilaporkan melihat tidak perlu dilakukan tindakan atas naiknya yields obligasi juga Jerman bersiap untuk memperpanjang Langkah lockdown secara formal sampai Paskah, sementara itu PM Itali Mario Draghi akan menerapkan restriksi baru sampai liburan awal bulan April.
Resistance di 1.21422, Support di 1.20014.

USDJPY – Yen Jepang kembali melanjutkan pergerakan rally sebelumnya di tengah peningkatan dolar AS dan juga melemahnya minat perdagangan aset risiko. Sentimen investor terhadap yen masih merosot oleh keraguan pada kekuatan pemulihan negara itu karena pandemi Virus Corona yang menghanta permintaan bisnis swasta.
Resistance Utama 107.409, Support 106.469

USDCHF – Harga naik setelah penguatan USD karena Investor meningkatkan harapan pada pertumbuhan dan inflasi AS karena pemerintah mempersiapkan stimulus fiskal baru, dan spekulasi meningkat bahwa Federal Reserve juga bisa mendekati normalisasi kebijakan moneter daripada yang diperkirakan sebelumnya.
Resistance Utama 0.92175, Support 0.91580

GBPUSD – Pounsterling sempat mengalami kenaikan karena ketenangan yang terjadi di pasar. Harga naik karena Pound menguat terhadap Euro setelah pengumuman anggaran ekspansif yang dirancang untuk menopang ekonomi Inggris saat bersiap untuk pembukaan kembali dari lockdown.
Resistance Utama 1.40452, Support 1.39145

AUDUSD – Harga turun setelah USD menguat karena investor memperkirakan pertumbuhan AS yang relative kuat dibandingkan kawasan lain dan memburuknya sentimen risiko juga karena data perdagangan ritel yang menurun moderat untuk periode Januari.
Resistance di 0.78172, Support di 0.77496

XAUUSD – Emas turun akibat penguatan Dollar AS juga karena tekanan jual pada hari Rabu kemarin yang menghapus pemulihan moderat hari sebelumnya dari level terendah dalam lebih dari delapan bulan. Aset safe-haven seperti logam mulia terbebani oleh sentimen bullish di pasar keuangan, didukung oleh optimisme pemulihan ekonomi global yang kuat.
Resistance di 1733.43, Support di 1694.85

Oil – Harga naik lebih dari 2% didorong oleh penurunan besar pada persediaan bahan bakar AS dan ekspektasi produsen OPEC+ mungkin memutuskan untuk tidak meningkatkan produksi.
Resistance di 62.25, Support di 59.50

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.