SUMMARY FX & COMMODITIES

4 FEBRUARY 2021

EUR/USD – EUR/USD kembali tertekan dengan naiknya dolar AS karena harapan akan keluarnya stimulus AS yang signifikan. Imbal hasil treasury juga mengalami kenaikan. Sementara euro tidak mendapatkan dorongan naik dari angka inflasi yang bagus.
Resistance di 1.20745, support di1.20083

USDJPY – Yen konsolidasi setelah gain selama 6 sesi berturut dengan pergerakan dolar AS yang terbatas di tengah sentimen aset risiko menurun.  Dolar AS retreat sebagai safe haven merespon beberapa rilis data ekonomi yang positif.
Resistance utama 105.187, support 104.828

USDCHF – Swiss Franc naik setelah laporan AS bahwa perekrutan oleh pemberi kerja swasta rebound lebih dari yang diharapkan pada Januari, juga aktivitas sektor jasa lebih baik dari yang diharapkan dan mencapai level tertinggi dalam hampir dua tahun.
Resistance utama 0.90185, support 0.89714

GBPUSD – Poundsterling turun disebabkan karena tertekan oleh kenaikan yang kuat dari dolar AS. Ekspektasi dari akan keluarnya stimulus fiskal AS yang masif terus mendorong kenaikan imbal hasil obligasi treasury AS yang pada gilirannya mendukung kenaikan dolar AS.
Resistance utama 1.37106, support 1.35900

AUDUSD – Aussie melaju cepat melanjutkan gain sesi sebelumnya dan berhasil menembus posisi resisten kuat hariannya di tengah koreksi dolar AS. Aussie mendapat kekuatan dari rilis data neraca perdagangan terkini. Surplus perdagangan Australia meningkat dibanding pada bulan sebelumnya.
Resistance di 0.76398, Support di 0.76039

XAUUSD – Harga emas pada hari Kamis, dibebani oleh dolar yang lebih kuat, sementara investor menunggu penerimaan paket stimulus besar-besaran di Amerika Serikat dengan harapan stimulus pemerintah lebih lanjut akan membantu meningkatkan permintaan industri.
Resistance di 1842.65, Support di 1827.33

Oil – Harga minyak naik hampir 2% dan mendekati level tertingginya dalam waktu sekitar satu tahun. Data menunjukkan stok minyak mentah AS turun ke level terendah sejak Maret, sementara OPEC + mempertahankan perjanjian pemotongan pasokannya.
Resistance di 56.52, Support di 55.00

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.