SUMMARY FX & COMMODITIES

3 Mei 2021

EUR/USD – Harga turun setelah penguatan US Dollar karena ekonomi AS rebound pada kecepatan yang lebih cepat daripada yang lain di Eropa dan Asia. Juga rilis data GDP Zona Euro I/2021 yang menunjukkan bahwa kawasan masih menderita resesi.
Resistance di 1.20907, Support di 1.19808

USDJPY – Yen konsolidasi akan kenaikan mingguannya setelah data Jepang secara umum menggembirakan, tetapi inflasi terus menyusut dan AS akan menerbitkan inflasi PCE inti Maret, ukuran favorit Fed.
Resistance Utama 109.787, Support 108.471

USDCHF – Harga naik karena penguatan USD karena ekonomi AS rebound pada kecepatan yang lebih cepat daripada yang lain di Eropa dan Asia.
Resistance Utama 0.91759, Support 0.90926

GBPUSD – Harga turun setelah reli 6 hari berturut-turut karena penguatan USD karena ekonomi AS rebound moderat di pasar ekuitas yang dipandang sebagai faktor utama yang menguntungkan Greenback, yang, pada gilirannya, memberikan beberapa tekanan kepada pasangan Sterling.
Resistance Utama 1.39167, Support 1.37610

AUDUSD – Harga turun setelah USD menguat karena rebound pada ekonomi AS didukung lonjakan pendapatan pribadi karena rumah tangga menerima bantuan dari pemerintah serta meningkatnya inflasi dan ukuran aktivitas bisnis mengalahkan ekspektasi.
Resistance di 0.77644, Support di 0.76764

XAUUSD – Harga emas turun ke level terrendah dua minggu akibat kenaikan yield obligasi AS dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi AS yang tercermin dalam data GDP Q1/2021.
Resistance di 1773.33, Support di 1763.91

Oil – Harga turun ditengah kekhawatiran lockdown yang lebih luas di India dan Brazil sehingga harga minyak kehilangan traksinya pada hari perdagangan hari terakhir bulan April setelah data yang diterbitkan oleh Biro Analisis Ekonomi AS (BEA) menunjukkan PDB Riil meningkat pada tingkat tahunan 6,4% pada kuartal pertama.
Resistance di 64.56, Support di 62.69

HSI – Hang Seng terjun ke posisi terendah sepekan dari posisi tertinggi 1 bulan lebih. Sentimen investor dibebani oleh anjloknya perusahaan teknologi, setelah pemerintah Beijing memperluas tindakan keras terhadap perusahaan fintech karena pengawas keuangan mungkin memerintahkan mereka untuk memperkuat kepatuhan terhadap peraturan.
Resistance di 28851, Support di 28089

Senin, 3 Mei 2021, Jam 21:00 WIB: indeks ISM Manufacturing PMI AS bulan April 2021 (Berdampak medium-tinggi pada USD) Indeks ini sama dengan yang dirilis oleh Markit untuk Manufacturing PMI, hanya saja datanya bersumber dan dirilis oleh Institute for Supply Management (ISM) yang khusus dibuat untuk AS. Di AS indikator ini biasanya lebih berdampak dari yang dirilis Markit. Dibuat berdasarkan survey terhadap 400 purchasing manager di AS mengenai kondisi bisnis saat ini termasuk output produksi, ketersediaan produk, aktivitas pengiriman, jumlah pesanan dan jumlah tenaga kerja. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan ekspansi di sektor manufaktur dan dibawah angka 50.0 menunjukkan kontraksi. Dalam prakteknya indeks ini dianggap cukup akurat untuk memprediksi output sektor manufaktur di AS.

Bulan Maret lalu indeks ISM Manufacturing AS melonjak menjadi 64.7, lebih tinggi dari perkiraan 61.5, dan yang tertinggi sejak bulan Desember 1983. Pada bulan Maret 2021 indeks new orders, produksi, tenaga kerja dan inventories mengalami kenaikan. Untuk bulan April 2021 diperkirakan indeks ISM Manufacturing PMI akan sedikit naik menjadi 65.0. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Selasa, 4 Mei 2021, Jam 01:20 WIB: pidato ketua The Fed Jerome Powell (Berdampak tinggi pada USD) Jerome Powell dijadwalkan berbicara pada konferensi yang diadakan oleh National Community Reinvestment Coalition, secara online.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.