SUMMARY FX & COMMODITIES

4 Mei 2021

EUR/USD – Harga naik karena melemahnya USD setelah survei menunjukkan pertumbuhan aktivitas Manufacturing zona euro naik ke rekor tertinggi pada bulan April, didorong oleh meningkatnya permintaan dan mendorong kenaikan perekrutan, meskipun kendala pasokan menyebabkan kenaikan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam pesanan yang tidak terpenuhi.
Resistance di 1.21132, Support di 1.20257

USDJPY – Yen turun setelah Pemerintah Jepang melaporkan 5.900 kasus virus corona baru karena Tokyo dan prefektur barat Osaka, Kyoto, dan Hyogo tetap berada dalam keadaan darurat hingga 11 Mei. Sedangkan indeks kepercayaan konsumen turun 1,4 poin dari bulan sebelumnya menjadi 34,7.
Resistance Utama 109.547, Support 108.441

USDCHF – Harga turun setelah melemahnya USD karena imbal hasil Treasury AS mundur dan data yang tidak bersemangat membebani mata uang Amerika dan data pasar tenaga kerja serta pertemuan bank sentral pada minggu ini menjadi fokus utama investor.
Resistance Utama 0.91697, Support 0.90603

GBPUSD – Sterling naik setelah membaiknya sentimen pasar dan setelah PM Inggris Johnson mengatakan bahwa negara Inggris sedang dalam arah yang benar untuk membuka aktifitas ekonomi sepenuhnya pada tanggal 21 Juni. PMI manufaktur ISM AS meleset dari yang diperkirakan.
Resistance Utama 1.40106, Support 1.38296

AUDUSD – Harga naik setelah USD melemah karena imbal hasil obligasi Treasury AS turun ditengah data yang menunjukkan aktivitas manufaktur AS tumbuh lebih lambat di bulan April.
Resistance di 0.77823, Support di 0.77215

XAUUSD – Harga melonjak lebih dari 1% didorong oleh penurunan dolar dan imbal hasil Treasury AS serta didukung oleh data yang menunjukkan aktivitas manufaktur AS tumbuh lebih lambat di bulan April.
Resistance di 1805.10, Support di 1773.27

Oil – Harga naik lebih dari 1% karena angka ekonomi China dan tingkat vaksinasi AS menunjukkan rebound yang kuat dalam permintaan dari dua ekonomi terbesar didunia di negara-negara termasuk Amerika Serikat yang mengatasi kekhawatiran tentang lonjakan kasus virus corona India dan pasokan minyak OPEC + yang lebih tinggi.
Resistance di 65.13, Support di 63.39

HSI – Hang Seng tertekan aksi profit taking merespon meningkatnya kasus virus corona sehingga meningkatkan kekhawatiran tentang lebih banyak tindakan dan penderitaan ekonomi yang lebih dalam.
Resistance di 28460, Support di 27726

Senin, 3 Mei 2021, Jam 21:00 WIB: indeks ISM Manufacturing PMI AS bulan April 2021 (Berdampak medium-tinggi pada USD) Indeks ini sama dengan yang dirilis oleh Markit untuk Manufacturing PMI, hanya saja datanya bersumber dan dirilis oleh Institute for Supply Management (ISM) yang khusus dibuat untuk AS. Di AS indikator ini biasanya lebih berdampak dari yang dirilis Markit. Dibuat berdasarkan survey terhadap 400 purchasing manager di AS mengenai kondisi bisnis saat ini termasuk output produksi, ketersediaan produk, aktivitas pengiriman, jumlah pesanan dan jumlah tenaga kerja. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan ekspansi di sektor manufaktur dan dibawah angka 50.0 menunjukkan kontraksi. Dalam prakteknya indeks ini dianggap cukup akurat untuk memprediksi output sektor manufaktur di AS.

Bulan Maret lalu indeks ISM Manufacturing AS melonjak menjadi 64.7, lebih tinggi dari perkiraan 61.5, dan yang tertinggi sejak bulan Desember 1983. Pada bulan Maret 2021 indeks new orders, produksi, tenaga kerja dan inventories mengalami kenaikan. Untuk bulan April 2021 diperkirakan indeks ISM Manufacturing PMI akan sedikit naik menjadi 65.0. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Selasa, 4 Mei 2021, Jam 01:20 WIB: pidato ketua The Fed Jerome Powell (Berdampak tinggi pada USD) Jerome Powell dijadwalkan berbicara pada konferensi yang diadakan oleh National Community Reinvestment Coalition, secara online.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.