SUMMARY FX & COMMODITIES

10 Mei 2021

EUR/USD – Euro naik dan diperdagangkan di sekitar 1.2160, berhasil mengambil kembali kerugian yang dialami dari minggu sebelumnya dan melewati ketinggian bulanan di 1.2150 didukung oleh Laporan NFP AS yang sangat mengecewakan yang memicu aksi jual dollar AS.
Resistance di 1.22047, Support di 1.20861

USDJPY – Setelah aksi sell-off tajam USD/JPY sekarang surut untuk sesi ketiga berturut-turut sebagai tanggapan terhadap pelemahan kuat dolar dan pullback yang dalam pada yield AS setelah Payrolls AS April.
Resistance Utama 109.680, Support 108.179

USDCHF – Harga turun karena melemahnya USD setelah rilis data pekerjaan AS untuk bulan April jauh di bawah ekspektasi, meredam harapan bahwa pemulihan ekonomi yang menggeliat akan memacu suku bunga yang lebih tinggi.
Resistance Utama 0.90630, Support 0.89737

GBPUSD – Pounds naik disebabkan pelemahan USD serta kondusifnya kondisi pemilihan umum lokal dan regional di Inggris dengan kemenangan kaum Konservatif dan pengumuman mengenai kebijakan moneter BoE pada hari Kamis minggu lalu.
Resistance Utama 1.40316, Support 1.39125

AUDUSD – Harga naik karena USD melemah ke level terendah dalam lebih dari dua bulan setelah rilis data pekerjaan AS di bulan April jauh di bawah ekspektasi, Aussie juga didukung oleh reli yang kuat pada harga penghasil ekspor utama Australia yaitu bijih besi.
Resistance di 0.78828, Support di 0.77816

XAUUSD – Harga naik lebih dari 1% menuju minggu terbaiknya sejak November setelah penurunan tak terduga dalam pertumbuhan pekerjaan AS pada bulan April mendorong penurunan dolar dan imbal hasil Treasury AS.
Resistance di 1845.22, Support di 1815.72

Oil – Harga sedikit berubah meskipun krisis virus corona di India memburuk dan harga mencatat kenaikan mingguan kedua didukung optimisme pada pemulihan ekonomi global. Hal lain yang menahan penurunan dari harga minyak mentah WTI adalah melemahnya dollar AS.
Resistance di 65.38, Support di 64.05

HSI – Hangseng ditutup menguat meskipun ketegangan antara China dan negara-negara barat lainnya membebani perdagangan saham teknologi. Uni Eropa pada hari Rabu mengambil langkah-langkah untuk berjaga-jaga terhadap persaingan ekonomi dari China yang dianggap tidak adil, sebuah tanda meningkatnya ketidakpercayaan setelah sanksi Barat atas pelanggaran hak asasi dan pembalasan Cina.
Resistance di 28932, Support di 28252

Senin, 3 Mei 2021, Jam 21:00 WIB: indeks ISM Manufacturing PMI AS bulan April 2021 (Berdampak medium-tinggi pada USD) Indeks ini sama dengan yang dirilis oleh Markit untuk Manufacturing PMI, hanya saja datanya bersumber dan dirilis oleh Institute for Supply Management (ISM) yang khusus dibuat untuk AS. Di AS indikator ini biasanya lebih berdampak dari yang dirilis Markit. Dibuat berdasarkan survey terhadap 400 purchasing manager di AS mengenai kondisi bisnis saat ini termasuk output produksi, ketersediaan produk, aktivitas pengiriman, jumlah pesanan dan jumlah tenaga kerja. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan ekspansi di sektor manufaktur dan dibawah angka 50.0 menunjukkan kontraksi. Dalam prakteknya indeks ini dianggap cukup akurat untuk memprediksi output sektor manufaktur di AS.

Bulan Maret lalu indeks ISM Manufacturing AS melonjak menjadi 64.7, lebih tinggi dari perkiraan 61.5, dan yang tertinggi sejak bulan Desember 1983. Pada bulan Maret 2021 indeks new orders, produksi, tenaga kerja dan inventories mengalami kenaikan. Untuk bulan April 2021 diperkirakan indeks ISM Manufacturing PMI akan sedikit naik menjadi 65.0. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Selasa, 4 Mei 2021, Jam 01:20 WIB: pidato ketua The Fed Jerome Powell (Berdampak tinggi pada USD) Jerome Powell dijadwalkan berbicara pada konferensi yang diadakan oleh National Community Reinvestment Coalition, secara online.

Disclaimer:

Bertransaksi di Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki resiko yang tinggi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang.

Banyak faktor bagi seorang investor yang harus dipertimbangkan sebelum bertransaksi, seperti obyektifitas, tingkat pengalaman dan keinginan berinvestasi dengan resiko untuk setiap investor.

Opini, berita, riset, analisa, harga atau informasi yang terkandung di dalamnya disediakan hanya sebagai komentar pasar secara umum saja.