SUMMARY FX & COMMODITIES

8 Januari 2021

FOKUS MARKET HARI INI:

  • Dolar AS diperdagangkan lebih tinggi terhadap semua mata uang utama karena ketidakpastian politik AS
  • Joe Biden disertifikasi sebagai pemenang pemilu 2020 dan dalam pernyataannya Presiden Trump mengatakan akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari.
  • Untuk pertama kalinya dalam 8 bulan, ekonomi AS mungkin menambah kurang dari 100 ribu pekerjaan di bulan Desember.

Dolar AS diperdagangkan lebih tinggi terhadap semua mata uang utama pada hari Kamis karena ketidakpastian politik AS akhirnya diselesaikan. Tadi malam, Joe Biden disertifikasi sebagai pemenang pemilu 2020 dan dalam pernyataannya Presiden Trump mengatakan akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari.

Pemilihan Senat telah diselesaikan dengan kemenangan Demokrat di Georgia. Mata uang dan ekuitas menyambut baik perkembangan ini dengan Dow Jones Industrial Average naik 211 poin dan dolar naik secara keseluruhan.

Di tengah semua kejadian di Capitol Hall Washington kemarin, mudah untuk melupakan minggu non-farm payrolls-nya. NFP biasanya merupakan salah satu bagian yang paling menggerakkan pasar dari data AS dan ekonom menyerukan pertumbuhan pekerjaan paling sedikit sejak April.

Untuk pertama kalinya dalam 8 bulan, ekonomi AS mungkin menambah kurang dari 100 ribu pekerjaan di bulan Desember. Kami belum pernah melihat angka seburuk ini sejak penguncian yang keras di musim semi.

Vaksin sedang diluncurkan tetapi akan memakan waktu lama sebelum sebagian besar populasi divaksinasi. Akibatnya, tindakan penguncian akan tetap ada dan dapat diperkuat sebelum dilonggarkan.