GBP/USD Mundur Dari Level Terendah 2 Pekan Menjelang Pembicaraan Brexit dan Drama Parlemen

  • by

Pedagang GBP/USD tampaknya sudah bosan dengan kebuntuan Brexit/politik di Inggris karena harga memantul dari terendah dua pekan dan membawa penawaran beli ke 1,2330 menjelang pembukaan London pada hari ini.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyaksikan kekalahan lain di House of Commons sambil mengajukan reses singkat untuk menekankan pada konferensi tahunan Partai Konservatif yang dimulai dari hari Ahad. Selain itu, oposisi menargetkan bahasa PM dan kurangnya mendapatkan hasil Brexit untuk lebih mempermalukan pemimpin Tory.

Bukan hanya partai Buruh oposisi tetapi mantan PM Tory John Major juga mengkritik PM Johnson dan mengindikasikan bahwa ia mungkin menggunakan Privy Council untuk mengatasi undang-undang perpanjangan Brexit. Selain itu, partai nasional Skotlandia sekarang tampaknya menyamakan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn untuk jabatan PM sementara jika ada pemilihan sela. Ketua DPR Jacob Rees-Mogg telah memberi tawaran terbuka kepada semua lawan untuk mengajukan mosi guna menyerukan mosi tidak percaya di pemerintah dan memicu pemilihan sela. Namun, tidak ada yang berani menantang PM Johnson karena takut kalah menjelang Brexit.

Investor sekarang akan menanti pertemuan antara Sekretaris Brexit Steve Barclay dan kepala negosiator Brexit Uni Eropa Michel Barnier di Brussels di tengah cerita The Sun yang menceritakan kepada para anggota Parlemen memberikan tekanan pada para diplomat Tory akan memberi konsesi kepada UE untuk mendapatkan kemajuan Brexit . Namun, para pemimpin Uni Eropa kurang berminat, mereka juga tidak mengharapkan terobosan dari pembicaraan hari ini mengingat perjuangan PM di Parlemen Inggris.

Di sisi lain, Dolar AS (USD) tetap kokoh bahkan dengan ketidakpastian politik yang membayangi dan perubahan besar dalam data/peristiwa. Alasannya mungkin karena sikap kebijakan moneter Federal Reserve AS yang relatif lebih rendah.

Nada risiko juga tetap dikesampingkan bahkan setelah laporan CNBC mengklaim pembicaraan perdagangan AS-Cina di Washington selama 10-11 Oktober. Imbal hasil Treasury 10-tahun AS melekat di 1,6% pada saat ini.

Pada kalender ekonomi, tidak ada statistik yang naik dari Inggris sedangkan Pesanan Barang Tahan Lama AS, Indeks Sentimen Konsumen Michigan dan Pengeluaran Pribadi dapat menghibur para pedagang selama Jumat malam.

Analisa Teknis

Perdagangan berkelanjutan di bawah level Simple Moving Average (DMA) 21-hari di 1,2350 menyeretnya ke 1,2272/66 support-confluence termasuk DMA-50 dan retracement Fibonacci 38,2% dari penurunan Juni-September. Namun, jika menembus sisi atas 1,2350 dapat memicu pullback baru menuju 1,2415 dan retracement Fibonacci 61,8% di dekat 1,2470.